web analytics
  

5 Makanan Sehat untuk Kontrol Gula Darah

Jumat, 7 Agustus 2020 11:53 WIB
Gaya Hidup - Sehat, 5 Makanan Sehat untuk Kontrol Gula Darah, makanan sehat,Makanan rendah gula,Diabetes,Makanan untuk diabetes,hidup sehat,Gaya Hidup

Ilustrasi (Freepik)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Makanan dengan glikemik tinggi terkait dengan kecepatan menaikkan gula darah. Untuk mengontrol gula darah Anda harus memakan makanan dengan glikemik rendah. Melansir dari Insider, berikut makanan sehat dengan glikemik rendah:

1. Biji-bijian utuh

Biji-bijian mengandung serat tinggi, sehingga baik untuk mengontro gula darah.  Sebuah studi tahun 2007 di Hormone and Metabolic Research menemukan bahwa makan makanan kaya serat (lebih dari 30 gram serat per hari), khususnya biji-bijian dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

"Makan biji-bijian, seperti nasi merah, akan berdampak tidak terlalu ekstrim pada kenaikan kadar gula darah Anda karena tidak dicerna dengan cepat," kata Deena Adimoolam, MD, Asisten Profesor Kedokteran, Endokrinologi, Diabetes, dan Penyakit Tulang di Fakultas Kedokteran Icahn di Mount Sinai.

2. Buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan contoh makanan dengan karbohidrat sehat yang kaya serat. "Buah matang cenderung memiliki indeks glikemik lebih tinggi daripada buah yang setengah matang. Selain itu, makan buah dengan kulit bisa lebih bermanfaat," kata Adimoolam.

Meskipun semua buah memasok nutrisi, buah kering dan jus buah kemasan tidak direkomendasikan. Anda lebih disarankan makan buah utuh atau buah segar. 

3. Oatmeal

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan makan gandum utuh dengan setidaknya 3g serat larut setiap hari dapat membantu mengontrol kadar glukosa darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin. Untuk manfaat optimal, cobalah untuk menghindari oatmeal instan dengan tambahan gula.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan yang rendah glisemik, tinggi serat, dan mengandung lemak sehat. Kacang-kacangan juga mengandung nutrisi dan vitamin yang bermanfaat, seperti vitamin E, asam lemak omega-3, dan magnesium yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi lebih dari satu ons kacang per hari menurunkan faktor risiko diabetes tipe 2.

5. Bawang Putih

Bawang putih dapat membantu mengontrol gula darah dengan meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Hal ini karena bawang putih mengandungsenyawa allici, allyl propyl disulfide dan S-allyl cysteine sulfoxide yang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers