web analytics
  

Ini 8 Fakta Paskibraka yang Perlu Diketahui!

Sabtu, 8 Agustus 2020 02:02 WIB M. Naufal Hafizh
Umum - Unik, Ini 8 Fakta Paskibraka yang Perlu Diketahui!, Paskibraka,17 Agustus,HUT RI

Sejumlah anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) merah putih Provinsi Jawa Barat 2019 saat latihan baris berbaris dan pengibaran bendera di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (9/8/2019). (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Jika kita membicarakan upacara hari kemerdekaan Indonesia, kita tidak bisa melupakan eksistensi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Paskibraka ini berisi orang-orang terpilih yang melewati berbagai tahap seleksi. Nah, berikut beberapa fakta seputar Paskibraka tingkat Nasional, termasuk soal seleksinya.

1. Untuk menjadi bagian dari Paskibraka di Istana, ada banyak syarat yang harus dipenuhi. Mulai dari Warga Negara Indonesia, memiliki tinggi badan  170-180 cm untuk laki-laki dan 165-175 untuk perempuan, sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, dan beberapa syarat lain.

2. Seleksi yang dilewati cukup panjang. Seleksi dimulai dari tingkat sekolah, antarsekolah di tingkat kabupaten, lalu ke tingkat provinsi. Dari setiap provinsi akan diseleksi kembali hingga tersisa empat orang  untuk ikut seleksi tingkat nasional.

3. Penyeleksian anggota Paskibraka biasanya dimulai pada Mei atau April untuk persiapan mengibarkan bendera pada tanggal 17 Agustus.

4. Tidak hanya kemampuan baris berbaris yang dipertimbangkan. Selain kemampuan baris berbaris, tahapan seleksi yang harus dilewati meliputi psikotes, tes kesehatan, postur tubuh, seleksi fisik, wawancara, pengetahuan kesenian daerah, dan pengetahuan umum.

5. Selama waktu seleksi sampai dikukuhkan, seluruh anggota Paskibraka disebut “Capaska” atau Calon Paskibraka. Pada waktu penugasan tanggal 17 Agustus, anggota dinamakan “Paskibraka”. Sementara setelah penugasan, anggota disebut “Purna Paskibraka”.

6. Paskibraka dibagi dalam 3 formasi sesuai dengan tanggal kemerdekaan Indonesia. Ada formasi 17 yang disebut formasi pengiring atau pemandu. Sesuai namanya, jumlah anggotanya ada 17 dan dipimpin oleh satu komandan kelompok. Kemudian ada formasi 8 sebagai formasi inti atau formasi pembawa. Formasi ini berisi pembawa baki bendera, pengibar bendera, dan sejumlah pendamping dan pelengkap. Terakhir ada formasi 45 yang disebut formasi pengawal berisi TNI atau Polri.

7. Penentuan pembawa baki bendera dipilih oleh Koordinator Pelatih Paskibraka. Waktu penentuan bisa sebelum hari H atau di hari H. Posisi ini cukup bergengsi karena nantinya akan tampil di hadapan petinggi negara serta menerima langsung bendera dari Presiden.

8. Paskibraka Nasional tahun ini meniadakan seleksi. Anggotanya dipilih dari formasi Paskibraka yang menjadi cadangan pada tahun 2019. Tahun ini Paskibraka hanya terdiri dari empat orang. 1 sebagai pembawa baiki, 2 sebagai pengerek bendera pusaka, dan 1 sebagai cadangan. (Putri Shaina)

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers