web analytics
  

BNPB Serahkan 2 Juta Masker dan Peralatan Medis untuk Jawa Barat

Kamis, 6 Agustus 2020 13:51 WIB Nur Khansa Ranawati
Bandung Raya - Bandung, BNPB Serahkan 2 Juta Masker dan Peralatan Medis untuk Jawa Barat, BNPB,Doni Monardo,Ridwan Kamil,Jawa Barat,masker,COVID-19,medis

Kepala BNPB, Letnan Jenderal (Letjen) TNI, Doni Monardo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Pakuan Bandung, Kamis (6/8/2020). (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan sejumlah kebutuhan medis untuk masyarakat Jawa Barat dan tenaga kesehatan di berbagai rumah sakit di Jabar. Hal tersebut diberikan sebagai modal untuk Jabar dalam memberantas Covid-19.

Bantuan tersebut diberikan secara simbolis oleh Kepala BNPB, Letnan Jenderal (Letjen) TNI, Doni Monardo kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Pakuan Bandung, Kamis (6/8/2020). Salah satu bantuan yang diberikan adalah 2 juta masker untuk masyarakat.

Selain masker, terdapat pula sejumlah peralatan medis seperti  500 unit hazmat, 500 unit goggles, 1.260 pak disinfectant wipes, dan 360 botol hand sanitizer berukuran 100 mililiter.

Dalam kesempatan tersebut, Doni menyampaikan apresiasinya kepada Gubernur Jabar yang dinilai mampu mengendalikan situasi pandemi di wilayahnya dengan baik. Hal tersebut tercermin dari tingkat resiko berbagai daerah di Jabar yang masuk ke dalam kategori rendah.

"Terbukti, data-data tentang tingkat risiko di Jabar paling banyak zona yang berwarna kuning. Artinya, tingkat resikonya rendah. Ini tidak bisa terjadi hanya kebetulan, semua ini butuh pengorbanan dan butuh perjuangan," ungkapnya.

Ia berharap, Jabar dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan keamanan situasinya tersebut. Sehingga, harmonisasi antara menjaga kesehatan warga dengan menggerakan roda ekonomi daerah dapat berjalan selaras.

"Sebagaimana yang selalu disampaikan Bapak Presiden tentang gas dan rem. Jika daerahnya itu resikonya rendah, gasnya bisa ditekan, tetapi kalau seandainya tingkat ancamannya meningkat, berarti remnya yang ditekan," ungkapnya.

Emil--sapaan Ridwan Kamil--pun mengapresiasi bantuan yang diberikan BNPB. Pemakaian masker saat ini dinilai sebagai instrumen terpenting yang dapat menjaga warga dari paparan Covid-19 sementara warga tetap menjalankan aktivitas ekonominya.

"Kami meyakini kampanye pakai masker kalau ekonomi mau tetap berjalan, kalau kegiatan mau tetap berjalan, kalau sekolah pelan-pelan mau dibuka. Itulah kenapa kami sudah membagikan masker gratis sebanyak sekitar 6 juta masker untuk masyarakat menengah ke bawah," ungkapnya.

Meski demikian,  Emil mengatakan, saat ini hanya sekitar 50% warga Jabar yang konsisten menggunakan masker dalam kegiatan sehari-hari. Oleh karenanya, pihaknya saat ini telah mengeluarkan sanksi administratif bagi para pelanggar protokol kesehatan Covid-19, termasuk warga yang tidak menggunakan masker di ruang publik.

"Itu modal kami, sampai kapan (menggunakan masker)? Sampai vaksin ditemukan," ungkapnya.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel terkait

dewanpers