web analytics
  

40 Nakes di Bekasi Positif Covid-19

Kamis, 6 Agustus 2020 12:42 WIB
Umum - Regional, 40 Nakes di Bekasi Positif Covid-19, Berita Bekasi,Corona di Bekasi,COVID-19,Virus Corona,Nakes

Corona (EPA)

BEKASI, AYOBANDUNG.COM -- Juru Bicara Tim Percepatan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah mengatakan, sebanyak 40 tenaga medis di Kabupaten Bekasi terkonfirmasi positif Corona. Puluhan tenaga medis itu bertugas di rumah sakit serta puskesmas wilayah Bekasi, dan kini dalam perawatan dan tahap penyembuhan.

"Kami baru mengetahui setelah melakukan test swab kepada petugas medis," kata Alamsyah saat dihubungi, Kamis (6/8/2020).

Alamsyah mensinyalir, faktor terpaparnya para tenaga medis karena kurangnya kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan, terutama saat menggunakan alat pelindung diri (APD). Selain itu, banyak pasien yang tidak jujur dengan kondisinya kepada para petugas medis.

"Kalau saya lihat bukan karena faktor kelelahan, tapi kurang kedisiplinan. Kemudian ada pasien tidak jujur saat berobat padahal tahu dirinya sudah terinfeksi Covid-19, kemungkinan itu," ujarnya.

Dengan kondisi begitu, kegiatan pelayanan harus di skrining terlebih dahulu menggunakan teknologi telemedicine, dan membatasi kunjungan supaya tidak terjadi penumpukan.

"Jadi masyarakat bisa mendaftar jarak jauh," jelasnya.

Sejauh ini, pemerintah daerah juga masih melakukan tracing para tenaga medis yang bekerja di luar Kabupaten Bekasi. Mereka juga akan dilakukan test swab untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.

"Ada yang bekerja di Jakarta tapi tinggal di Bekasi, kami lakukan tes juga," ujarnya.

 

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers