web analytics
  

Rawat Rambutmu dengan Konsumsi 6 Makanan Alami Ini

Kamis, 6 Agustus 2020 12:32 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, Rawat Rambutmu dengan Konsumsi 6 Makanan Alami Ini, rambut,Kesehatan Rambut,Udang,stroberi,Bayam,Alpukat

Bayam, salah satu makanan yang dapat membantu pertumbuhan rambut. (Pexels/Jacqueline Howell)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Memiiki rambut yang indah dan sehat merupakan keinginan banyak orang. Dalam setahun, rambut dapat tumbuh sekitar 15 cm. Adapun seberapa cepat pertumbuhannya tergantung pada faktor usia, kesehatan, genetika, hingga makanan yang dikonsumsi.

Konsumsi makanan seimbang dengan nutrisi yang tepat dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Berikut adalah 6 makanan yang mudah didapat untuk pertumbuhan rambut, dirangkum dari Healthline, Senin (3/8/2020).

1. Telur

Telur adalah sumber protein dan biotin, dua nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Makan cukup protein penting untuk pertumbuhan rambut karena sebagian besar folikel rambut terbuat dari protein.

Biotin pun penting untuk produksi protein rambut yang disebut keratin. Telur juga menjadi sumber zinc, selenium, dan nutrisi sehat lainnya untuk rambut. Untuk kesehatan rambut yang optimal, telur jadi solusi terbaik sekaligus mudah didapat.

2. Stroberi

Buah beri kaya dengan senyawa antioksidan dan vitamin yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Misalnya, stroberi kaya akan vitamin C, mampu membantu produksi kolagen dan penyerapan zat besi. Dua faktor itu dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Konsumsi buah beri yang mengandung banyak vitamin C akan mengurangi rambut patah atau rontok, Antioksidan di dalamnya juga dapat membantu melindungi folikel rambut terhadap kerusakan dari molekul berbahaya yang disebut radikal bebas.

3. Bayam

Bayam mengandung folat, zat besi, vitamin A dan C yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Vitamin A membantu kelenjar kulit menghasilkan sebum. Zat ini membantu melembabkan kulit kepala agar rambut tetap sehat.

Zat besi dalam bayam membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk memicu metabolisme, membantu pertumbuhan, dan perbaikan rambut. Kekurangan zat besi biasanya dikaitkan dengan kerontokan rambut.

4. Alpukat

Alpukat kaya akan vitamin E, asam lemak esensial, dan antioksidan yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Seperti vitamin C, vitamin E adalah antioksidan yang membantu memerangi stres oksidatif dengan menetralkan radikal bebas. Vitamin E juga melindungi area kulit, seperti kulit kepala dari kerusakan.

5. Udang

Udang merupakan sumber protein, vitamin B, zinc, zat besi dan vitamin D yang bagus untuk pertumbuhan rambut.

Meskipun sangat rendah lemak, udang juga mengandung sedikit asam lemak omega-3. Pola makan yang kaya asam lemak omega-3 telah dikaitkan dengan peningkatan pertumbuhan rambut.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung nutrisi seperti vitamin E, vitamin B, zinc, dan asam lemak esensial. Kandungan itu bermanfaat untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut.

Kacang juga telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan lainnya termasuk mengurangi peradangan dan risiko penyakit jantung. Kacang-kacangan menjadi tambahan bagus untuk mengatasi pertumbuhan rambut sekaligus kesehatan tubuh. (Ventriana Berlyanti)

Sumber: Healthline
Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers