web analytics
  

Penentuan Obesitas Harusnya Bukan Hanya dari Berat Badan

Kamis, 6 Agustus 2020 12:23 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, Penentuan Obesitas Harusnya Bukan Hanya dari Berat Badan, obesitas,Kesehatan,gendut,Diet,Kalori

[Ilustrasi] Obesitas. (Unsplash/@Yunmai)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Pedoman klinis baru di Kanada menyatakan obesitas seharusnya tidak hanya dilihat dari berat badan saja. Kondisi ini juga harus mempertimbangkan kesehatan seseorang.

Pedoman ini dipublikasikan di Canadian Medical Association Journal. Dalam jurnal tersebut disebutkan, “Narasi budaya dominan mengenai obesitas memicu asumsi tentang tidak adanya tanggung jawab pribadi dan kurangnya kemauan serta menyalahkan dan mempermalukan orang yang hidup dengan obesitas.”

Ximena Ramos-Salas, direktur penelitian dan kebijakan di Obesity Canada serta salah satu penulis pedoman tersebut menyatakan banyaknya dokter yang mendiskriminasi pasien obesitas. “Bias berat badan sebenarnya berpengaruh pada perilaku praktisi kesehatan,” ujar Ximena seperti dilansir dari BBC.com.

Pada pedoman baru ini, masih direkomendasikan untuk mengukur obesitas dari body mass index (BMI) dan lingkar pinggang. Pun mengharuskan dokter lebih fokus pada efek berat badan terhadap kesehatan seseorang. Penurunan 3%-5% berat badan bisa mempengaruhi kesehatan seseorang, serta berat badan terbaik seorang yang obesitas mungkin bukan berat badan ideal menurut BMI.

Ini menggarisbawahi fakta bahwa obesitas adalah kondisi kronis yang kompleks dan membutuhkan penanganan seumur hidup. “Selama ini kita menghubungkan obesitas dengan gaya hidup,” kata Ximena.

Pedoman ini  menyarankan dokter untuk tidak hanya menyuruh pasien obesitas untuk sedikit makan dan banyak bergerak. Dokter juga harus mendukung dilakukannya terapi psikologis serta pengobatan dan operasi bariatrik seperti operasi bypass lambung.

Peneliti mencatat untuk menurunkan berat badan kerap sulit karena otak mengimbanginya dengan rasa lapar. Banyak penelitian yang menunjukkan orang-orang yang menurunkan berat badan dengan diet akan mengalami peningkatan berat badan kembali.

Dokter harus meminta izin sebelum mendiskusikan berat badan pasien dan membantunya fokus pada tujuan kesehatan yang ingin dicapai. Ini lebih baik dibandingkan hanya menyuruh pasien untuk mengurangi kalori(Putri Shaina)

Sumber: BBC
Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers