web analytics
  

Perayaan Kemerdekaan RI Tahun Ini Mirip dengan Kebiasaan Thailand

Kamis, 6 Agustus 2020 12:16 WIB M. Naufal Hafizh
Umum - Unik, Perayaan Kemerdekaan RI Tahun Ini Mirip dengan Kebiasaan Thailand, Thailand,upacara online,17 Agustus,Indonesia,hari kemerdekaan Indonesia

Sistem perayaan Kemerdekaan RI tahun ini mirip dengan rutinitas nasionalisme Thailand. (Flickr/Bernard Spragg)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Akibat pandemi, upacara perayaan Hari Kemerdekaan RI tidak diselenggarakan. Bahkan, upacara di Istana Negara hanya akan diikuti 6 orang ditambah 3 paskibraka.

Untuk para pejabat daerah, mereka diwajibkan mengikuti upacara online untuk menghormati 17 Agustus. Namun, masyarakat biasa tetap tidak bisa mengikuti upacara.

Untuk itu, pemerintah mengeluarkan ketentuan sebagai berikut, pukul 10.17–10.20 WIB, seluruh warga Indonesia harus menghentikan semua kegiatan. Pada jam itu, Indonesia Raya akan diputar di semua stasiun televisi dan radio Indonesia. Warga Indonesia diharapkan bisa berdiri tegak dan khidmat di tempat masing-masing, menghormati lagu seperti sedang upacara.

Sikap seperti ini mungkin masih janggal untuk dialami. Namun, Thailand sudah menerapkan sikap seperti ini sejak 1935.

Lagu nasional Thailand diputar di seluruh Thailand setiap pukul 8.00 dan 16.00. Di saat yang sama, bendera Thailand akan dikibarkan (8.00) dan diturunkan (16.00).

Bagi yang tidak bisa melihat bendera langsung masih bisa mendengar lagu nasional. Saat mendengar, satu Thailand serentak menghentikan semua kegiatan dan berdiri tegak hingga lagu usai.

Tradisi nasionalisme yang sudah diterapkan selama 85 tahun ini bahkan memiliki sanksi pidana bagi yang melanggar, loh! Mereka yang tidak berhenti dan menghormati lagu serta bendera dapat dipenjara hingga 1 tahun.

Pada 14 September 1942, pemerintah Thailand mengumandangkan lewat radio, mereka yang tidak berdiri diam menghormati lagu nasional adalah pengkhianat negara.

Peraturan penghormatan terhadap lagu nasional ini pun berlaku bagi turis yang bukan dari Thailand. Terlepas kewarganergaraanmu, apabila kamu sedang di Thailand, kamu harus berdiri diam pada pukul 8.00 dan 16.00 setiap harinya.

Perilaku hormat ini pernah dicontohkan di media populer oleh bintang Kpop, Bambam dari grup GOT7.

Saat syuting kegiatan belanja di pasar Bangkok, lagu nasional Thailand diputar. Bambam pun meminta semua kru kamera untuk berdiri diam dan menghentikan semua kegiatan. Seisi pasar pun menghentikan kegiatan mereka dan diam menghormati lagu nasional tanah air.

Sikap penuh hormat dan nasionalisme ini membuat warga negara Thailand kerap memiliki rasa cinta tanah air tinggi.

Apakah kira-kira jam hening 10.17–10.20 Indonesia pada 17 Agustus 2020 nanti bisa diterapkan menjadi rutinitas seperti Thailand(Farah Tifa Aghnia)

Sumber: The Culture Trip
Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers