web analytics
  

Ridwan Kamil Jalani Tes Medis untuk Jadi Relawan Vaksin Covid-19

Kamis, 6 Agustus 2020 06:58 WIB
Bandung Raya - Bandung,  Ridwan Kamil Jalani Tes Medis untuk Jadi Relawan Vaksin Covid-19, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil,Tes Kesehatan,Relawan Vaksin Covid-19

Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Dok. Pemprov Jabar)

CIREBON, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjalani pemeriksaan medis untuk menjadi relawan relawan pengujian vaksin Covid-19, Sinovac.

"Ya (jadi relawan), persiapannya periksa kesehatan. Syarat relawan itu tidak ada penyakit bawaan karena Covid-19 kan memperburuk penyakit bawaan," ujar Ridwan Kamil, usai rapat gugus tugas bersama sejumlah kepala daerah di Kota Cirebon, Rabu (5/8/2020).

Ridwan Kamil mengaku tidak memiliki penyakit bawaan. Namun, dia tetap harus menjalani pemeriksaan. Dia pun masih punya waktu dua kali menjalani tes kesehatan sebagai relawan uji klinis vaksin Corona. "Kalau tidak ada (penyakit bawaan), berati saya aman, masuk kriteria (relawan pengujian vaksin Covid-19)," katanya. 

Emil menyatakan, alasannya menjadi relawan pengujian vaksin Covid-19 itu untuk membuat warganya percaya terhadap kualitas vaksin tersebut. "Ini penting karena kalau pemimpinnya mau dan yakin, rakyatnya juga pasti akan yakin," katanya.

Menurutnya, ada empat sumber vaksin, yakni asal Cina, Korea Selatan, Inggris, dan Indonesia. Namun, saat ini baru vaksin asal Cina yang dinyatakan paling siap. Sebelum bisa digunakan, vaksin harus melalui beberapa kali uji. Uji pertama, dilakukan di negara asal penghasil vaksin. Sedangkan uji berikutnya, dilakukan di negara konsumen.

Vaksin tersebut sudah lolos uji di negara asalnya, Cina. Saat ini, sedang diuji di Indonesia sebagai negara konsumen. Vaksin yang diproduksi Biofarma itu masih harus melalui sejumlah uji lanjutan di Indonesia hingga Desember 2020. Jika pengujian vaksin berjalan lancar, maka vaksin bisa digunakan pada Januari-Februari 2021. Sambil menunggu tahapan uji klinis tersebut, masyarakat diminta untuk terus menerapkan protokol kesehatan.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers