web analytics
  

Haruskah Pakai Kacamata untuk Mencegah Virus Corona Covid-19?

Kamis, 6 Agustus 2020 05:45 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, Haruskah Pakai Kacamata untuk Mencegah Virus Corona Covid-19?, masker,Kacamata,mencegah virus corona,Kesehatan

Selain masker, kacamata atau pelindung mata dianggap cukup penting melindungi diri dari infeksi virus corona. (Pixabay/Gabriele Lässer)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Selain masker, kacamata atau pelindung mata dianggap cukup penting melindungi diri dari infeksi virus corona.

Hal ini dinyatakan Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular Amerika Serikat, Anthony Fauci dalam fitur live Instagram di akun ABC News.

"Selain mengenakan masker, orang harus mempertimbangkan menggunakan kacamata atau pelindung mata untuk meningkatkan perlindungan dari Covid-19," kata Dr Anthony Fauci seperti yang dikutip dari WebMD.

"Jika Anda memiliki kacamata atau pelindung mata, Anda harus menggunakannya," tuturnya.

Fauci mencatat, kacamata atau pelindung mata akan memberikan perlindungan sempurna pada permukaan mukosa. Permukaan mukosa adalah jaringan lembap yang melapisi bagian-bagian tertentu dari tubuh manusia.

"Anda memiliki mukosa di hidung, di mulut, dan mata. Secara teoretis, Anda harus melindungi semua permukaan mukosa. Jadi, jika Anda memiliki kacamata atau pelindung mata, Anda harus menggunakannya," kata Fauci.

Kacamata atau pelindung mata memang tidak direkomendasikan secara universal. Barang-barang itu hanya sebagai pelengkap yang mungkin harus digunakan jika bisa.

Mengenakan kacamata akan menjadi langkah besar di luar penggunaan masker meskipun tidak direkomendasikan oleh satuan tugas virus corona Amerika Serikat.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merekomendasikan kacamata pelindung untuk para profesional perawatan kesehatan di daerah dengan transmisi penularan sedang hingga tinggi.

"Saya berharap bahwa pemakaian masker dan penutup lainnya tidak hanya akan melindungi kita terhadap Covid-19, tetapi juga membantu melindungi kita dari influenza," ujar Fauci.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers