web analytics
  

Pelanggar Aturan Covid di Cimahi Dapat Sanksi Sosial 

Rabu, 5 Agustus 2020 22:05 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Cimahi, Pelanggar Aturan Covid di Cimahi Dapat Sanksi Sosial , Pemkot Cimahi,Pelanggar Aturan Covid,Sanksi Sosial

Sebagian warga mengenakan masker. (Kavin Faza)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Sebelum menerapkan sanksi denda materi sesuai arahan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Pemerintah Kota Cimahi mulai menerapkan sanksi sosial bagi pelanggar kelengkapan standar kesehatan Covid-19.

Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna mengungkapkan sanksi sosial berupa akan dilakukan selama dua bulan kedepan.Langkah ini juga bagian dari sosialisasi diterapkannya denda materi jika kedapatan tak mengenakan masker. 

"Kalau berdasarkan pergub seharusnya sudah dilaksanakan. Tapi kita pilih menerapkan sanksi sosial saja dulu, misalnya bersih-bersih Alun-alun atau tempat lain. Jadi itu kita coba 2x30 hari," ungkap Ajay, Rabu (5/8/2020).

Saat ini diakui oleh Ajay jika penerapan protokol kesehatan oleh masyarakat agak longgar. Mulai banyak masyarakat yang berkerumun tanpa mengindahkan menjaga jarak bahkan tidak mengenakan masker. 

"Memang penggunaan masker dan protokol kesehatan lainnya sekarang agak longgar. Tapi kalau di banding kota lain, kita masih jauh lebih baik, hanya perlu diingatkan lagi saja," bebernya.

Pihaknya bakal kembali melakukan pengetatan penerapan disiplin protokol kesehatan, mengingat kasus positif Corona Virus Disease atau Covid-19 di Kota Cimahi kembali bertambah. 

"Ada peningkatan terus setiap harinya, jadi menandakan pandemi ini belum selesai. Seharusnya masyarakat tidak perlu diingatkan lagi, karena protokol kesehatan kan kebutuhan mereka. Tapi antisipasinya tetap kita harus awasi biar masyarakat lebih patuh dan waspada," tandasnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers