web analytics
  

5 Makanan Ini Harus Dihindari Saat Menstruasi

Kamis, 6 Agustus 2020 03:05 WIB
Gaya Hidup - Sehat, 5 Makanan Ini Harus Dihindari Saat Menstruasi, Menstruasi,Datang bulan,makanan sehat,hidup sehat

Ilustrasi (shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Diperkirakan gejala sindrom pramenstruasi (PMS) memengaruhi lebih dari 90% perempuan yang sedang menstruasi.

Gejala umum PMS termasuk kram (rasa sakit di perut bagian bawah atau punggung bawah), kembung, jerawat, payudara sakit, kelelahan, dan perubahan suasana hati. Sebuah studi 2018 yang dilakukan di Spanyol menemukan makan lebih banyak buah dan sayuran selama haid membantu mengurangi kram dan nyeri haid.

Sementara makanan tertentu membantu meredakan gejala menstruasi, ada juga makanan yang dapat memperburuk rasa sakit. Dilansir The Health Site, berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari selama menstruasi:

1. Kafein dan minuman berkarbonasi

Minuman yang mengandung kafein dalam jumlah besar dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang tidak menentu. Minuman berkarbonasi seperti soda dapat menyebabkan kembung.

2. Alkohol

Karena pro-inflamasi dalam tubuh, alkohol dapat memengaruhi kadar gula dan cairan darah, yang pada akhirnya dapat mengganggu selera makan.

3. Makanan manis

Gula juga pro-inflamasi dalam tubuh dan dapat menyebabkan lonjakan kadar gula secara tiba-tiba, yang dapat meningkatkan kadar gula secara instan. Namun ini hanya akan bertahan beberapa saat saja, setelahnya tubuh justru akan merasa lebih lelah.

4. Makanan yang digoreng

Sebuah studi oleh departemen Gizi, Universitas North Carolina di Greensboro, menunjukkan makanan yang digoreng dapat menyebabkan peradangan dan meningkatkan rasa sakit selama menstruasi.

5. Makanan asin

Asupan tinggi natrium dapat mengganggu keseimbangan air di dalam tubuh dan juga menyebabkan dehidrasi. Karena garam bersifat higroskopis, yang menyerap air dalam tubuh dan menyebabkan retensi air serta kembung. Kurangi supan junk food yang biasa memiliki kadar natrium sangat tinggi.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers