web analytics
  

Simak Tip Ini agar Rambut Tumbuh Sehat dan Indah

Rabu, 5 Agustus 2020 12:28 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, Simak Tip Ini agar Rambut Tumbuh Sehat dan Indah, rambut,perawatan rambut,Rambut Sehat,Vitamin Rambut

Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menjaga kesehatan, keindahan, dan kekuatan rambut. (Freepik)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Tidak ada metode langsung untuk membuat rambut tumbuh lebih cepat dalam semalam. Namun, ada beberapa langkah yang dapat dicoba untuk menumbuhkan rambut dengan tetap sehat dan indah.   Dirangkum dari Healthline dan Medical News Today, Rabu (5/8/2020), berikut beberapa tipnya.

Konsumsi nutrisi dan vitamin yang berguna untuk rambut

Konsumsi suplemen yang mengandung vitamin bagi rambut belum tentu berpengaruh secara langsung. Namun, tubuh memang membutuhkan banyak energi dalam menumbuhkan rambut.

Lebih baik mengonsumsi nutrisi dari makanan seperti buah dan sayuran. Namun, suplemen juga bisa dipilih dengan catatan carilah yang mengandung zinc, zat besi, biotin, vitamin C, vitamin D, omega-3 dan 6.

Oleskan minyak esensial

Perlu diperhatikan untuk tidak mengoleskan minyak esensial langsung ke kulit. Cara mengaplikasikannya cukup masukkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam sampo.

Bisa juga mencampurkan minyak esensial dengan minyak yang mencegah kerusakan rambut seperti minyak kelapa, bunga matahari hingga minyak kastor.

Gunakan protein

Protein dapat membantu rambut tumbuh dan melindunginya dari kerusakan kimia dan lingkungan. Jika sering menata rambut, termasuk menggunakan hair dryer, melakukan perawatan protein ini dapat melindungi rambutmu.

Cara terbaik untuk mendapatkan protein adalah dari pola makan sehari-hari, bukan suplemen. Protein mudah didapat dari sayuran, kacang-kacangan, yoghurt, dan berbagai makanan lain.

Gunakan produk yang mengandung kafein

Menggunakan produk rambut yang mengandung kafein dapat membantu pertumbuhan rambut. Dilansir dari Grow Gorgeous, Rabu (5/8/2020), kafein akan menyerang hormon DHT yang menyebabkan kerontokan rambut.

DHT dapat mencegah vitamin, protein, dan mineral yang berguna bagi pertumbuhan rambut. Kafein memerangi DHT dengan menyebabkan sel-sel rambut menghasilkan lebih banyak 'ATP', bentuk energi yang mendorong rambut untuk tumbuh. (Ventriana Berlyanti)

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers