web analytics
  

7 Cara Simpel Lawan Malas dan Kantuk saat Pagi

Rabu, 5 Agustus 2020 07:15 WIB
Gaya Hidup - Sehat, 7 Cara Simpel Lawan Malas dan Kantuk saat Pagi, Malas,lemas,bad mood,pagi

Jika merasa lemas, malas, dan mengantuk saat pagi, Anda bisa melakukan beberapa cara mudah untuk mengatasinya. (Pixabay/Pexels)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Jika merasa lemas, malas, dan mengantuk saat pagi, Anda bisa melakukan beberapa cara mudah untuk mengatasinya.

Tahukah kamu, saat berhasil memulai aktivitas di pagi hari, harimu akan menjadi lebih berkualitas dan menyenangkan. Menurut jurnal Emotion yang diterbitkan pada tahun 2012, kebiasaan bangun pagi membuat kamu lebih bahagia. 

Namun, untuk yang belum terbiasa, memulai aktvitas di pagi hari memang susah. Banyak yang memilih untuk tetap berada di tempat tidur alih-alih beranjak dan beraktivitas. Meskipun sebenarnya sudah mendapat tidur yang cukup saat malam hari.

Menyadur dari Healthline, berikut 7 cara mudah lawan rasa malas dan kantuk saat pagi

1. Minum air putih dulu

Dehidrasi bisa membuat tubuhmu lesu, mengantuk, bahkan sampai perubahan suasana hati (mood). Biasakan segelas minum air putih setelah bangun tidur. Untuk memudahkan, letakkan segelas air putih di sebelah kasurmu.

2. Cuci muka

Mandi dengan air dingin jadi aktivitas yang bisa mengurangi absen bekerja. Namun, jika tidak ingin mandi, kamu bisa mencuci mukamu di pagi hari. Air yang dingin akan jadi sinyal perubahan suhu pada tubuh. Selain pergi mencuci muka, kamu juga bisa menyemprotkan face mist atau air yang ditaruh di botol spray sebagai permulaan.

3. Lakukan peregangan atau yoga

Selama kamu tidur, otot di tubuh dilumpuhkan atau dalam bahasa medis atonia. Itulah mengapa kamu perlu mengaktifkan kembali otot-otot dengan peregangan atau yoga. Cukup lakukan selama 25 menit setiap pagi untuk menambah energi dan fungsi otak.

4. Sarapan

Sarapan jadi waktu makan yang sangat penting bagi tubuh untuk memulai hari. Kebiasaan tidak sarapan bisa mempengaruhi energi dan daya konsentrasimu setiap harinya. Maka dari itu, sebaiknya berikan asupan yang bernutrisi dan baik untuk tubuh.

Pilih makanan yang mengandung protein, biji-bijian utuh, kacang, dan buah yang tidak terlalu manis untuk sarapan.

5. Hindari gula sampai makan siang

Pemilihan sarapan yang tidak tepat seperti kopi manis, kue kering dan sereal manis bisa menambah gula darah dan membuatmu merasa lemas.

6. Kurangi konsumsi kopi

Kopi bukan dihindari, tapi konsumsi secukupnya. Terlalu banyak kopi justru bisa membuatmu kelelahan di malam hari. Hindari penggunaan gelas besar untuk mengonsumsi kopi di pagi hari.

7. Pergi keluar rumah

Sinar matahari bisa menambah level serotonin dalam tubuh yang menambah energi selama beraktivitas. Menurut studi Universitas Rochester, meluangkan waktu lebih banyak di alam atau luar ruangan bisa membuat manusia lebih merasa hidup.

Hal yang paling penting adalah menciptakan pola tidur yang efektif dan berkualitas. Saat suasana tidur bersih dan nyaman, tidurmu akan lebih berkualitas sehingga saat bangun pagi, tubuh terasa lebih baik. Selain itu, hindari juga penggunaan gadget sebelum tidur.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers