web analytics
  

Belajar Jarak Jauh, Kesempatan Orang Tua Kenal Potensi Anak

Rabu, 5 Agustus 2020 22:23 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Belajar Jarak Jauh, Kesempatan Orang Tua Kenal Potensi Anak, Belajar Jarak Jauh

Belajar Jarak Jauh. (Istimewa)

PASIRJAMBU, AYOBANDUNG.COM -- Lebih kurang selama 5 bulan terakhir, seluruh siswa melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) akibat adanya pandemi covid-19.

Pengelola Sekolah Komunitas Kampung Maen (SKKM) Kober Rosella, Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Didoh Saidah, mengatakan banyak hal positif yang diambil dari PJJ, salah satunya adalah mengenal potensi anak.

"PJJ itu menekankan dampingan orang tua dalam belajar anak, sehingga ini menjadi kesempatan bagi orang tua dalam mengenal potensi anaknya," tutur Didoh, Rabu (5/8/2020).

Dengan bimbingan dari pengajar, kata Didoh, orang tua bisa lebih memfokuskan diri dalam pendidikan karakter anak yang biasanya dilakukan juga oleh guru di sekolah. Namun dengan keterbatasan guru, maka peran orang tua sangat penting dalam membantu anak belajar.

Dia mengakui jika selama 5 bulan diam di rumah, bisa membuat anak juga orang tua stress, sehingga sekali-kali orang tua bisa mengajak anak pergi ke alam bebas untuk berekreasi sambil belajar.

"Tentu lima bulan terkurung di rumah itu sangat jenuh. Bukan hanya orang tua, anak-anak juga. Dengan belajar di alam, anak-anak bisa lebih bisa mengekpresikan dirinya lagi," tutupnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers