web analytics
  

Artis di Pilbup Bandung, Upaya Parpol Runtuhkan Kekuasaan

Rabu, 5 Agustus 2020 22:09 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Artis di Pilbup Bandung, Upaya Parpol Runtuhkan Kekuasaan, Artis di Pilbup Bandung,Pilkada Kabupaten Bandung

Jane Shalimar bersama Gun Gun Gunawan. ([email protected]_1)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Pilkada Kabupaten Bandung diramaikan sejumlah artis yang digadang-gadang akan diusung sebagai calon kepala daerah. Ada beberpa nama kalangan selebritis yang turut meramaikan Pilkada 2020 di Kabupaten Bandung.

Sebut saja Sahrul Gunawan yang merupakan kader Partai NasDem, ada juga Jane Shalimar yang berstatus sebagai pengurus DPP Partai Demokrat. Walaupun bukan kalangan artis, namun Atep Rizal juga bisa disebut sebagai selebritis dengan popularitasnya sebagai mantan kapten Persib Bandung.

Pengamat Politik Lingkar Kajian Komunikasi dan Politik Unikom, Adiyana Slamet, mengatakan munculnya kalangan selebritis dalam Pilkada Kabupaten Bandung menjadi bagian dari strategi partai politik yang berupaya meruntuhkan kekuasaan yang dalam dua dekade terakhir dipegang oleh Partai politik tertentu.

Selebritis dipandang mampu mendongkrak popularitas yang ujungnya diharapkan bisa dikonvensi menjadi raihan suara pasangan calon.

"Dalam Pilkada Kabupaten Bandung 2020 ini, ada faktor dimana kalangan selebritis diyakini bisa meruntuhkan kekuasaan yang telah lama dikuasai," tutur Adiyana, Rabu (5/8/2020).

Popularitas selebritis dipandang akan mampu mendulang suara sehingga bisa meruntuhkan kekuasaan. Pilkada 2020 menjadi hal penting bagi partai politik untuk memperbanyak kadernya di daerah.

"Tentu yang dilihat parpol adalah modal dasar figur itu (popularitas dan elektabilitas). Ini sudah hal yang dominan dalam memberikan SK rekomendasi," ucapnya.

Suara mengambang menjadi sasaran kalangan selebritis untuk mendulang suara dengan popularitasnya.

"Pasangan sang artis yang berasal dari kader murni partai tapi di suatu daerahnya votersnya lemah, bisa didongkrak oleh popularitas sang artis," tutupnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers