web analytics
  

8 Kekeliruan soal Manfaat Lemon yang Harus Kamu Tahu!

Rabu, 5 Agustus 2020 12:34 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, 8 Kekeliruan soal Manfaat Lemon yang Harus Kamu Tahu!, Kesehatan,Manfaat lemon,Lemon,Khasiat Lemon,Diet,menurunkan berat badan

Lemon memang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Namun, ada sejumlah kekeliruan soal manfaat lemon. (unsplash/@sarahjgualtieri)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Anda barangkali sudah sering mendengar tentang manfaat lemon, baik dalam sisi kesehatan ataupun kecantikan. Namun, apakah seluruh khasiat yang dikatakan itu benar? Berikut beberapa kekeliruan mengenai manfaat lemon bagi tubuh.

1. Lemon mempercepat penurunan berat badan. Lemon disebut punya kandungan pectin yang dapat membuat kita merasa kenyang tanpa tambahan kalori. Namun, kandungan ini lebih banyak berada di kulit buah, bukan di airnya sehingga minum air perasan lemon tidak akan banyak membantu.

2. Air lemon membantu melancarkan pencernaan. Minum air sebenarnya sudah cukup membantu menghancurkan makanan sehingga tubuh bisa lebih mudah menyerap nutrisinya. Lemon tidak akan memberi banyak perbedaan.

3. Lemon dapat membersihkan atau detoksifikasi tubuh. Biasanya tubuh kita membersihkan diri dari racun dengan sendirinya. Detoksifikasi dengan air lemon hanya akan membuat tubuh kita kekurangan nutrisi tertentu.

4. Lemon menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh. Seperti detoksifikasi, tubuh kita menyeimbangkan level pH dengan sendirinya. Tidak ada makanan yang dapat secara substansial mengubah kadar pH dalam tubuh.

5. Lemon meningkatkan metabolisme. Menambahkan lemon dalam diet tidak akan serta merta membuat tubuh membakar kalori dengan lebih cepat. Faktanya, makanan atau minuman apapun yang punya klaim mempercepat metabolisme sebenarnya dilebih-lebihkan karena efeknya bersifat sementara.

6. Jus lemon membuat wajah terlihat lebih muda. Lemon memang mengandung vitamin C yang mencerahkan wajah. Akan tetapi kandungan ini justru banyak terdapat di kulit buahnya. Kandungan vitamin C bisa lebih banyak didapat dari jus jeruk segar.

7. Lemon membersihkan noda atau bekas jerawat pada wajah. Sebenarnya, menggunakan lemon justru dapat membahayakan kulit. Lemon yang digunakan secara langsung ke kulit dapat menimbulkan munculnya ruam yang disebut phytophotodermatitis jika setelah itu kulit terpapar sinar matahari. Lemon juga bisa menyebabkan peradangan pada kulit.

8. Lemon meningkatkan fungsi imun. Dalam sehari, orang dewasa membutuhkan 75-90 mg vitamin C untuk menjaga imun tetap kuat. Sedangkan satu buah lemon hanya mengandung 18,6 mg vitamin C. Sehingga konsumsi air perasan lemon saja masih kurang efektif untuk meningkatkan imun. (Putri Shaina)

Sumber: Insider
Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers