web analytics
  

Bawang Putih dan 3 Makanan Ini Baik bagi Penderita Sakit Ginjal

Rabu, 5 Agustus 2020 05:29 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Bawang Putih dan 3 Makanan Ini Baik bagi Penderita Sakit Ginjal, Bawang Putih,manfaat bawang putih,ginjal,Putih Telur,Kembang kol

Bawang putih. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Baik yang menderita penyakit ginjal kronis maupun tidak harus menjaga asupan makanan. Jika tidak, fungsi ginjal akan tidak maksimal.

Memilah dan memilih makanan yang akan dikonsumsi adalah salah satu cara menjaga ginjal Anda dari kerusakan yang makin parah. Pada saat yang sama, Anda harus memastikan tubuh mendapat nutrisi seimbang, seperti protein, kalori, vitamin dan mineral.

Melansir Healthline, umumnya orang yang memiliki penyakit ginjal disarankan untuk membatasi sodium, kalium, dan fosfor.

Untungnya, ada beberapa makanan yang kandungan ketiga nutrisi tersebut rendah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal.

1. Kembang kol

Kembang kol merupakan sumber nutrisi, termasuk vitamin C, vitamin K, dan vitamin B folat. Sayur ini juga mengandung senyawa antiinflamasi seperti indoles dan merupakan sumber serat yang sangat baik.

Sayur satu ini mengandung 19 mg natrium, 176 mg kalium, dan 40 mg fosfor.

2. Blueberry

Blueberry adalah salah satu antioksidan terbaik karena mengandung anthocyanin, yang dapat melindungi terhadap penyakit jantung, kanker tertentu, penurunan kognitif, dan diabetes.

Sebanyak 148 gram blueberry mengandung 1,5 natrium, 114 kalium, dan 18 mg fosfor.

3. Putih telur

Meski kuning telur sangat bergizi, bagian ini mengandung jumlah fosfor yang tinggi. Sehingga bagian putih adalah zona aman bagi pelaku diet ginjal.

Putih telur menyediakan sumber protein berkualitas tinggi yang ramah ginjal. Ini adalah pilihan baik untuk orang yang menjalani perawatan dialisis, yang membutuhkan kadar protein tinggi tetapi perlu membatasi fosfor.

Dua putih telur (66 gram) mengandung 110 mg natrium, 108 mg kalium, dan 10 mg fosfor.

4. Bawang putih

Bawang putih adalah sumber mangan, vitamin C, dan vitamin B6 yang baik dan mengandung senyawa sulfur yang memiliki sifat antiinflamasi.

Bahan makanan ini dapat dijadikan pengganti garam pada masakan.

Tiga siung (9 gram) bawang putih mengandung 1,5 mg natrium, 36 mg kalium, dan 14 mg fosfor.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers