web analytics
  

Lakukan 7 Tip Ini agar HP Android Aman dari Virus dan Malware

Rabu, 5 Agustus 2020 05:25 WIB M. Naufal Hafizh
Bisnis - Gadget, Lakukan 7 Tip Ini agar HP Android Aman dari Virus dan Malware, Virus,malware,Android,smartphone,HP

HP Android tidak luput dari ancaman virus dan malware. Lalu bagaimana cara menjaganya agar aman dan terbebas dari dua sumber masalah ini? (Pixabay/Esa Riutta)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- HP Android tidak luput dari ancaman virus dan malware. Lalu bagaimana cara menjaganya agar aman dan terbebas dari dua sumber masalah ini?

Sayangnya tidak semua pengguna HP Android memperhatian keamanan perangkatnya. Karena itu, tak jarang mereka terkena serangan virus dan malware.

Namun tenang, ada banyak langkah pencegahan untuk menjaga HP Android bebas dan aman dari ancaman virus dan malware.

Meskipun sebagian besar adware dan virus mudah dihilangkan, ada beberapa bug jahat yang kompleks seperti spyware yang tidak mudah untuk dihilangkan, sehingga sangat penting untuk mengambil tindakan pencegahan agar perangkat tidak terkena virus dan malware.

Lalu apa yang harus diperhatikan agar terbebas dari virus dan malware? Dilansir dari Tech Norms, berikut cara menjaga HP Android aman dari virus dan malware:

1. Unduh aplikasi hanya dari layanan resmi

Setiap kali pengguna ingin mengunduh aplikasi, pastikan untuk mengunduhnya dari layanan resmi seperti Google Play Store. Periksa peringkat dan ulasan aplikasi terlebih dahulu sebelum mengunduh. Jika memiliki peringkat dan jumlah unduhan rendah, sebaiknya pengguna menghindari aplikasi tersebut.

2. Jangan mengunduh aplikasi dari sumber pihak ketiga

Cara terbaik untuk memastikan pengguna tidak mengunduh dari sumber pihak ketiga adalah mematikan fungsi ini di pengaturan ponsel.

Buka Pengaturan ponsel > Keamanan. Dari sini, pastikan opsi Sumber Tidak Dikenal dinonaktifkan untuk menghindari instalasi aplikasi dari sumber selain Play Store.

3. Jangan mengkelik iklan pop-up saat browsing internet

Sebagian besar iklan pop-up umumnya mengarah ke iklan dan situs web lain dan beberapa iklan pop-up memaksa pengguna untuk memasang malware di perangkat tanpa disadari. Karenanya, jangan mengkelik iklan apapun saat browsing di internet.

4. Jangan mengeklik tautan aneh

Jangan sembarangan mengeklik tautan yang pengguna terima di email, SMS, atau bahkan pesan WhatsApp yang tidak dikenal. Tautan aneh dari teman dan kontak juga harus dihindari kecuali pengguna telah mamastikan itu aman.

5. Selalu perbarui sistem operasi ponsel dan lakukan pencadangan

Pembaruan sistem operasi umumnya menyertakan patch keamanan yang mampu menjaga ponsel dari ancaman berbahaya.

6. Pasang aplikasi keamanan antivirus yang baik, teritama yang dapat memindai setiap aplikasi untuk konten berbahaya sebelum menginstalnya.

7. Periksa dan kunci pengaturan keamanan pada perangkat Android.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers