web analytics
  

7 Tips agar Kembali Fokus dan Konsentrasi

Rabu, 5 Agustus 2020 05:21 WIB
Gaya Hidup - Sehat, 7 Tips agar Kembali Fokus dan Konsentrasi, Fokus,Konsentrasi,tips kerja,bisnis

[Ilustrasi] Fokus saat bekerja. (Pixabay/SnapwireSnaps)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Banyak hal bisa memecahkan konsentrasi, salah satunya media sosial.

Hal tersebut semakin diperkuat dengan penelitian yang dilakukan di University of London yang menyebutkan bahwa email yang masuk, telepon, hingga pesan singkat dapat menurunkan IQ penerima pesan.

Selain itu, hal tersebut juga menjadi salah satu faktor yang memengaruhi berkurangnya konsentrasi karyawan pada saat bekerja. Lebih spesifik lagi, karyawan dengan gender pria lebih mudah terganggu konsentrasinya dibandingkan wanita.

Kurangnya fokus nyatanya dapat berimplikasi pada kerugian materiil perusahaan, salah satunya adalah terbengkalainya tugas yang tengah dikerjakan. Sehingga tenggat waktu yang sebelumnya telah ditentukan menjadi tidak tercapai.

Bahkan hasil dari pekerjaan menjadi banyak yang molor dan membuat pemasukan bagi perusahaan terpengaruh. Lalu, bagaimana agar konsentrasi tak mudah terbelah? Lakukan ini agar tetap bisa fokus saat bekerja.

1. Membuat dan Menyusun Rencana Kerja

Buat susunan rencana kerja untuk satu hari. Dengan demikian, Anda akan tahu apa saja yang akan dan harus dilakukan sesuai jadwal kerja yang sudah dibuat tersebut.

2. Jauhkan dari Aktivitas ‘Online’ yang Mengganggu Konsentrasi

Untuk membuat Anda menjadi lebih fokus, hindari penggunaan fasilitas online, utamanya yang berkaitan dengan hiburan seperti media sosial, situs streaming, hingga situs belanja online.

3. Banyak Minum Air Putih dan Sarapan serta Penuhi Nutrisi Tubuh

Meskipun terdengar sepele, bandingkan jika Anda sarapan sebelum bekerja dan tidak sarapan sebelum bekerja. Dengan menyantap sarapan ditambah dengan asupan nutrisi yang baik Anda akan bisa menahan lapar lebih lama sehingga menjadikan Anda lebih fokus.

Selain itu, minumlah air mineral/putih yang banyak atau jumlahnya cukup sesuai kebutuhan. Rata-rata kebutuhan air minum sekitar 2,5 liter per hari. Dengan meminum air sesuai kebutuhan, maka tubuh tidak mengalami dehidrasi dan fokus bisa terjaga.

4. Tidur Cukup dan Jaga Kualitas Tidur

Cobalah untuk tidur antara 7 hingga 8 jam dalam sehari. Namun yang tak kalah penting adalah kualitas tidur. Usahakan tidur Anda nyenyak. Dengan menjaga kualitas tidur, tubuh Anda menjadi lebih sehat, tidak mudah lelah dan tentunya lebih mudah fokus dengan apa yang dikerjakan.

5. Berolahragalah secara Rutin

Olahraga rutin secara klinis membuat konsentrasi meningkat.

Cobalah untuk lari pagi sebelum berangkat kerja atau pergi ke pusat kebugaran dan melakukan cardio selama 30 menit dilanjutkan dengan sauna 20 menit di akhir pekan.

6. Berikan Hadiah atau Apresiasi pada Diri Sendiri

Jika Anda adalah tipikal orang yang menyukai reward, cobalah memberikan hadiah pada diri sendiri apabila dapat menyelesaikan tugas tepat waktu. Contohnya Anda bisa membeli makanan kesukaan, atau berbelanja baju di mal.

7. Cari Tahu Hal yang Bisa Menyebabkan Anda Kehilangan Fokus

Setiap orang umumnya memiliki perbedaan masalah, oleh karenanya cobalah untuk mengenali apa yang menjadi penyebab Anda menjadi tidak fokus dimulai dari hal-hal terkecil.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers