web analytics
  

5.600 Linmas Siap Amankan Pilkada Kabupaten Bandung

Selasa, 4 Agustus 2020 22:35 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, 5.600 Linmas Siap Amankan Pilkada Kabupaten Bandung, Linmas,Pilkada Kabupaten Bandung

Linmas. (Istimewa)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Ribuan pelindung masyarakat (Linmas) siap mengamankan Pilkada Kabupaten Bandung 2020.

Kepala Bidang Linmas Satpol PP Kabupaten Bandung, Rahmatullah Mukti Prabowo, mengatakan seluruh Linmas telah diberikan pembekalan pengamanan Pilkada.

"Semuanya telah dibekali pelbagai pembekalan berkaitan dengan pengamanan Pilkada," tutur Rahmatullah, Selasa (4/8/2020).

Pembekalan yang diberikan meliputi deteksi dini potensi kerawanan dalam Pilkada. Dengan jumlah penduduk mencapai 3,6 juta jiwa, Kabupaten Bandung masuk dalam rawan konflik.

"Salah satu yang ditekankan adalah menjaga kondusifitas melalui deteksi dini," katanya.

Selain dibekali cara mendeteksi adanya gejolak di tengah masyarakat, anggota Linmas juga diberikan cara mencatat dan melaporkan adanya permalasahan prapelaksanaan hingga pascapelaksanaan Pilbup Bandung 2020. 

"Karena mereka adalah ujung tombak pembinaan masyarakat, maka pembekalan itu penting. Kami sudah tidak khawatir dengan kemampuan mereka. Karena sudah tercermin saat Pilkades Serentak di Kabupaten Bandung yang berjalan aman," katanya.

Di Kabupaten Bandung saat ini tercatat ada 5.600 Linmas yang bertugas di seluruh penjuru wilayah. Dalam satu Desa atau Kelurahan, paling tidak ada 10 anggota Linmas yang siap turut mengamankan Pilkada 2020.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers