web analytics
  

Musuh Bebuyutan Kevin/Marcus Siap Pecah Telur di Thomas Cup 2020

Selasa, 4 Agustus 2020 17:17 WIB Icheiko Ramadhanty
Olahraga - Sport, Musuh Bebuyutan Kevin/Marcus Siap Pecah Telur di Thomas Cup 2020, Thomas cup,Uber cup,Bulutangkis,Kevin/Marcus

Piala Thomas Cup dan Uber Cup (Ist)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Persatuan Bulu Tangkis Dunia (BWF) telah merilis hasil undian Piala Thomas dan Uber 2020.

Proses pengundian ditayangkan secara langsung oleh BWF dari Kuala Lumpur, Malaysia, pada Senin (03/8/2020) pukul 14.00 WIB. Turnamen elit beregu itu akan berlangsung pada 3-11 Oktober di Aarhus, Denmark.

Dalam undian tersebut, tim Thomas Indonesia yang berstatus sebagai unggulan pertama menempati Grup A dengan Malaysia, Belanda, dan Inggris. Pasangan ganda putra andalan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik berambisi untuk siap bertanding melawan ganda putra Indonesia di turnamen itu. Aaron mengaku terus memperbaiki setiap kekurangan dalam permainan mereka.

Dia mengatakan bahwa dia dan Wooi Yik siap membawa kemenangan untuk Malaysia. Tak main-main, Aaron menargetkan bisa memberi sumbangsih untuk timnya menjuarai Grup A dan bisa lolos ke partai final.

“Saya berpikir kami memiliki peluang untuk keluar sebagai juara grup. Kami harus berjuang untuk itu,” kata Aaron dilansir dari berita daring Malaysia, the star, Selasa (04/8/2020).

Dia mengungkap, untuk menjadi juara grup, timnya harus bisa merebut kemenangan pada setiap lawan. “Itu sebabnya mengalahkan Indonesia di babak penyisihan akan sangat penting bagi kepercayaan tim kami,” ujarnya.

Perlu diketahui, dalam turnamen bulu tangkis baik beregu maupun individu, tim putra Indonesia kerap menjadi penghalang bagi tim Malaysia. Paling anyar terjadi pada awal Februari lalu di Manila Filipina, tepatnya dalam turnamen Badminton Asia Team Championship (BATC). Tim putra Malaysia harus berpuas diri di posisi runner up setelah kandas dengan skor 1-3 untuk kemenangan Indonesia.

Saat ini, tim putra Indonesia digadang-gadang menjadi yang terkuat di dunia. Pasalnya, ada tiga pasangan ganda putra di top 10 dunia dan dua tunggal putra di top 10 dunia.

Ganda putra peringkat 1 diduduki oleh Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, peringkat dua ada Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan peringkat enam diduduki Muhammad Rian Ardianto/Fajar Alfian. Sedangkan sektor tunggal putra ada Anthony Ginting di peringkat enam dunia dan Jonatan Christie di peringkat tujuh dunia.

Sebagai informasi, Malaysia berhasil merebut Piala Thomas sebanyak lima kali sedangkan Indonesia sebanyak 13 kali. Hingga saat ini, Indonesia masih menjadi negara dengan gelar terbanyak perebut Piala Thomas.

Indonesia berhasil merebut Piala Thomas pada tahun 1958, 1961, 1964, 1970, 1973, 1976, 1079, 1984, 1994, 1996, 1998, 2000, dan 2002. Di partai puncak Piala Thomas, Indonesia sudah bertemu Malaysia sebanyak delapan kali dan dari hasil itu, Indonesia berhasil memboyong piala sebanyak enam kali. 

Editor: Adi Ginanjar Maulana
dewanpers