web analytics
  

Kota Bandung Belum Akan Gelar Sekolah Tatap Muka

Selasa, 4 Agustus 2020 14:33 WIB Nur Khansa Ranawati
Umum - Pendidikan, Kota Bandung Belum Akan Gelar Sekolah Tatap Muka, Sekolah,tatap muka,Kota Bandung,Dinas Pendidikan Kota Bandung,COVID-19

Kepala Seksi Kurikulum PSMP Dinas Pendidikan (Disdik) Bandung Bambang Ariyanto (Ayobandung.com/Nur Khansa)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM----Seluruh sekolah di Kota Bandung mulai dari tingkat pendidikan usia dini hingga sekolah menengah atas belum akan menggelar pembelajaran tatap muka dalam waktu dekat.

Hal ini dilakukan guna mencegah meluasnya penyebaran Covid-19 di Kota Bandung yang masih berada di zona oranye.

Kepala Seksi Kurikulum PSMP Dinas Pendidikan (Disdik) Bandung Bambang Ariyanto mengatakan, hal ini juga berlaku untuk sekolah-sekolah di kecamatan di Bandung yang sudah berada dalam zona hijau

"Di Bandung belum ada yang diizinkan (tatap muka). Meskipun sekolahnya ada di kecamatan zona hijau, tapi bisa saja guru dan muridnya datang dari zona merah," ungkapnya ketika ditemui di Balai Kota Bandung, Selasa (4/8/2020).

Sehingga, ia mengatakan, saat ini seluruh jenjang sekolah di Bandung akan melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) periode 2. Teknisnya tidak berbeda dengan PJJ tahap pertama yang dilaksanakan sejak awal pandemi, namun dengan perbaikan fasilitas bagi siswa yang kesulitan mengakses internet.

"Yang tidak punya perangkat PJJ akan ada pembelajaran luring (luar jaringan). Sekolah memproduksi modul atau lembar kegiatan untuk siswa yang akan dikirim ke rumah," ungkapnya.

Selain itu, siswa yang masuk kategori rawan melanjutkan pendidikan (RMP) juga saat ini disebut telah didata untuk mendapat pinjaman laptop dari sekolah masing-masing. Termasuk biaya untuk mengakses kuota internet.

Meski demikian, Bambang mengatakan, pihaknya saat ini juga tengah menyiapkan skenario pembelajaran tatap muka bila situasi telah meungkinkan. Ada sejumlah indikator yang harus dipenuhi setiap sekolah sebelum diizinkan untuk kembali beroperasi secara offline.

"Indikator kesiapan sudah kami buat daftarnya yang harus diperiksa seperti sarana dan prasarana, pengaturan jadwal, kesediaan alat-alat kebersihan, dan sebagainya," ungkapnya.

"Pembukaan sekolah akan dilakukan bila Kota Bandung sudah (berada di zona) hijau," jelasnya.  

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel terkait

dewanpers