web analytics
  

Jangan Makan 7 Hal Ini Setelah Berolahraga!

Selasa, 4 Agustus 2020 11:14 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Jangan Makan 7 Hal Ini Setelah Berolahraga!, Kesehatan,Olahraga,Makanan Cepat Saji,Soda

Ilustrasi (Pixabay/Dimitris Vetsikas)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Ketika Anda selesai berolahraga, lebih baik tidak mengonsumsi makanan sembarangan.

Dilansir dari laman Eat This, Anda memang membutuhkan makanan setelah berolahraga untuk mengembalikan energi, membentuk otot, dan meningkatkan metabolisme.

Namun, sembarangan memilih makanan dapat membatalkan kerja keras yang baru saja Anda lakukan. Makanan yang sulit dicerna, tinggi gula, atau sarat dengan lemak jenuh, adalah sedikit dari beragam jenis yang sebaiknya tak Anda pilih saat baru saja berolahraga.

Berikut daftar makanan yang berefek buruk pada tubuhmu jika dimakan setelah olahraga.

1. Makanan pedas

Makanan pedas akan sulit dicerna, dan Anda harus menjauhinya.

"Tubuh Anda baru saja melakukan upaya besar dan sedang dalam kondisi perbaikan," kata Michelle Neverusky, Manajer Kebugaran Carillon Miami Beach.

Itu artinya, tubuh Anda membutuhkan makanan yang mudah dicerna, sedikit protein, sedikit gula untuk mengembalikan kadar gula Anda menjadi seimbang, dan sebagian besar karbohidrat untuk mengisi kembali tingkat energi.

2. Soda

Jangan pernah minum soda setelah berolahraga. Tubuh Anda perlu hidrasi, dan soda tidak akan memberi hidrasi yang Anda butuhkan. Demikian menurut Stephanie Mansour, pelatih penurunan berat badan dan gaya hidup untuk wanita.

"Ditambah lagi, soda bisa membuatmu kembung!" katanya.

3. Protein berat seperti steak

Sama seperti makanan pedas, Neverusky merekomendasikan untuk melewatkan apa pun yang sulit dicerna—seperti daging steak yang tebal.

"Jika Anda ingin membesarkan otot, Anda perlu menambahkan rasio tinggi karbohidrat, seperti tuna dan nasi. Tetapi jika Anda ingin merampingkan tubuh, Anda harus menghindari karbohidrat dan minum protein shake untuk mempertahankan massa otot," katanya.

4. Makanan berlemak

Hindari minyak, biji-bijian, atau apapun yang digoreng, dan bahkan kacang setelah olahraga.

"Lemak dapat memperlambat proses pencernaan dalam usus dan karena itu akan menunda pengiriman nutrisi yang sangat dibutuhkan ke dalam otot," kata Paul Roller, pelatih di CrossFit Outbreak.

5. Cokelat

"Hindari cokelat batangan jika Anda sedang mencoba merampingkan tubuh," kata Lola Berry, penulis The Happy Cookbook.

"Ingat bahwa pelatihan akan mempercepat metabolisme Anda; gunakan itu untuk keuntungan Anda dengan menjaga diet Anda super bersih dengan hanya mengonsumsi makanan utuh," katanya.

6. Makanan cepat saji

Mungkin ada restoran cepat saji di sebelah gym Anda, yang aromanya kerap 'memanggil' setiap kali Anda lewat di depannya. Namun, jangan pernah mampir ke sana!

"Meskipun Anda mungkin menginginkan garam setelah berolahraga, pilihan makanan cepat saji tidak akan bagus untuk tubuh Anda," kata Mansour.

Makanan cepat saji akan memberi Anda lemak trans yang mengacaukan hasil latihan Anda.

7. Minuman manis

Minuman manis, termasuk teh manis, jus yang diberi gula tambahan, sebaiknya dihindari karena mengandung gula yang tinggi. "Itu akan memperlambat pencernaanmu," kata Natasha Forrest, personal trainer di Crunch Gym.

Gula juga akan mengurangi efek pembakaran lemak pasca olahraga, dan malah membuat lemak jadi tersimpan.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers