web analytics
  

Penting! Ini 13 Panduan dari Dokter Hewan saat Memelihara Kucing

Selasa, 4 Agustus 2020 08:39 WIB M. Naufal Hafizh
Umum - Unik, Penting! Ini 13 Panduan dari Dokter Hewan saat Memelihara Kucing, Kucing,cara memelihara kucing,dokter hewan,kesehatan kucing,merawat kucing

[Ilustrasi] Kucing peliharaan. (unsplash/@cmophoto)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Bagi Anda yang punya kucing, mengurus kucing bisa menjadi hal yang cukup sulit. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan pada kucing peliharaan.

Berikut tip menurut dokter untuk memelihara kucing, dirangkum dari Insider.

1. Jangan memaksa memberikan perhatian pada kucing saat kucing tidak mau. Kucing membutuhkan perhatian manusia, tapi dalam dosis yang lebih kecil dibanding anjing. Pemilik kucing harus bisa menghargai ini.

2. Pastikan tanaman yang ada di rumah aman untuk kucing. Tanaman seperti Lily beracun bagi kucing dan bisa menyebabkan gagal ginjal serta kematian pada kucing.

3. Jangan berikan mainan benang pada kucing. Kita kerap melihat kucing tampak menggemaskan saat bermain bola benang. Akan tetapi, sesungguhnya mainan ini berbahaya karena jika tertelan dapat membuat usus kucing mengerut. Kucing harus dioperasi untuk mengeluarkan benang tersebut.

4. Jangan biasakan menjadikan tangan Anda sebagai mainan kucing. Kucing memiliki insting untuk memburu sesuatu. Memberikan tangan sebagai target untuk diburu kucing akan berbahaya untuk Anda dan kucing Anda.

5. Hindari menghukum kucing Anda baik secara verbal atau fisik. Kucing sensitif pada suara keras. Jika mendengar suara keras kucing Anda justru akan menghindar.

6. Biasakan memberi makanan basah juga pada kucing. Jika Anda memberikan hanya makanan kering, kucing Anda bisa menderita dehidrasi. Hal ini karena kucing kerap tidak punya dorongan kuat untuk minum.

7. Sediakan makanan yang secukupnya untuk kucing di mangkuk makanannya. Menyediakan makanan yang berlebih bisa menyebabkan kucing makan terus menerus dan obesitas.

8. Hindari memberikan susu untuk kucing. Kebanyakan kucing memiliki intoleransi terhadap laktosa. Minum susu bisa menyebabkan mereka sakit perut.

9. Jangan biarkan kucing Anda bermain dengan tulang. Tulang bisa menyebabkan masalah serius karena bisa tertelan dan tersangkut di tenggorokan, perut, atau usus.

10. Hanya cukur rambut kucing Anda bila memang disarankan dokter hewan. Rambut kucing membantu menjaga suhu tubuh kucing di saat dingin maupun panas.

11. Pastikan obat yang diberikan pada kucing bukan obat untuk manusia atau anjing. Beberapa obat bisa saja aman untuk manusia atau anjing tapi mematikan untuk kucing.

12. Jangan tinggalkan kucing lebih dari 24 jam. Banyak yang menganggap kucing lebih mandiri daripada anjing, tapi kucing tidak semandiri yang Anda pikirkan. Biasakan untuk mengecek keadaan kucing Anda setiap 24 jam.

13. Perhatikan perubahan perilaku kucing. Bila terdapat perubahan drastis pada perilaku kucing Anda, segera bawa kucing ke dokter untuk mengetahui apakah perubahan tersebut disebabkan masalah kesehatan. (Putri Shaina)

Sumber: Insider
Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers