web analytics
  

Waspadai, Ini Gejala Lain dari Tekanan Darah Tinggi

Selasa, 4 Agustus 2020 07:39 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, Waspadai, Ini Gejala Lain dari Tekanan Darah Tinggi, darah tinggi,hipertensi,jantung,Alkohol,Merokok

[Ilustrasi] Tekanan darah tinggi atau hipertensi. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM –Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa terjadi akibat pengetatan arteri yang sangat kecil biasanya disebut sebagai arteriol. Lantas, Apa saja gejala tekanan darah tinggi?

Saat arteriol ini mengencang, jantung harus bekerja lebih keras dalam memompa darah melalui ruang yang lebih kecil dan muncul tekanan di dalam pembuluh.

Saat kondisi itu terjadi, seseorang mungkin akan merasakan sensasi berdebar di dada, leher atau telinga yang memperingatkan adanya tekanan darah tinggi.

Umumnya, orang dengan tekanan darah tinggi akan mengalami gejala seperti sakit kepala, kelelahan, kebingungan, nyeri dada, detak jantung tidak beraturan, darah dalam urine atau sensasi hentakan di leher dan telinga.

Jika seseorang mengalami sensasi berdenyut atau berdebar di telinga tanpa adanya aktivitas, maka itu bisa menjadi tanda peringatan tekanan darah tinggi.

Sensasi ini juga bisa terjadi karena penyebab lainnya, seperti terlalu banyak minum kafein. Selain itu, kecemasan bisa memiliki efek yang sama sehingga seseorang perlu menyadari minuman yang dikonsumsi dan perasaannya.

Menurut Texas Heart Institute dilansir dari Express, kebanyakan orang yang memiliki tekanan darah tinggi tidak mengalami gejala apapun.

"Dalam beberapa kasus, orang dengan tekanan darah tinggi mungkin mengalami perasaan berdebar-debar di kepala atau dada, perasaan sakit kepala ringan atau pusing dan tanda-tanda lainnya," kata Texas Heart Institute.

Jika seseorang tidak mengalami gejala apapun, mereka mungkin tidak akan tahu adanya tekanan darah tinggi selama bertahun-tahun. Hal itu bisa menempatkan mereka pada risiko yang lebih tinggi, seperti sakit jantung atau stroke.

Karena itu, seseorang perlu mengunjungi dokter secara berkala untuk mengetahui tekanan darahnya. Anda juga perlu melakukan pemeriksaan medis untuk meninjau kondisi medis secara umum, termasuk riwayat keluarga.

Menurut pedoman dari American Heart Association dan American College of Cardiology, angka di bawah 120/80 mmHg diklasifikasikan sebagai tekanan darah yang normal.

Orang yang memiliki hasil 130.80 mmHg atau lebih itu diklasifikasikan sebagai tekanan darah tinggi atau hipertensi. Jika pengukuran sistolik dan diastolik masuk dalam kategori yang berbeda, kategori yang lebih tinggi harus digunakan untuk mengklasifikasikan status tekanan darah seseorang.

NHS pun memiliki beberapa cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi, salah satunya perubahan gaya hidup.

1. Kurangi jumlah garam yang dikonsumsi

2. Kurangi minum alkohol

3. Menurunkan berat badan jika kelebihan berat badan

4. Berolahraga secara teratur

5. Kurangi kafein

6. Berhenti merokok

Jika Anda mengalami hentakan tiba-tiba di leher, dada atau telinga, maka sangat penting untuk memantau tekanan darah berkala.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers