web analytics
  

Innanilahi, Abah Cipulus Purwakarta Meninggal Dunia

Senin, 3 Agustus 2020 22:45 WIB Dede Nurhasanudin
Umum - Regional, Innanilahi, Abah Cipulus Purwakarta Meninggal Dunia, Abah Cipulus,KH Adang Badruddin

KH Adang Badruddin, ulama besar asal Kabupaten Purwakarta yang kerap disapa Abah Cipulus. (Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Kabar duka mendalam datang dari ulama besar asal Kabupaten Purwakarta, KH Adang Badruddin.

Ulama akrab disapa abah Cipulus itu tutup usia Senin, (3/8/2020) sekira pukul 10.00 WIB.

Kepergian ulama pimpinan Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyah Cipulus, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta itu membuat semua kalangan merasa kehilangan.

Termasuk Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Purwakarta, Tedi Ahmad Junaedi.

"Kami keluarga besar Kemenag Kabupaten Purwakarta merasa kehilangan. Kami mengucapkan turut berdukacita yang sangat mendalam atas wafatnya abah Cipulus, semoga amal ibadah beliau, diterima oleh Allah SWT," ujar dia.

Selain dikenal sebagai tokoh ulama Nahdatul Ulama (NU), abah Cipulus juga merupakan Ketua Umum Forum Silaturahmi Guru Ngaji Nusantara (FSGN Nusantara).

Maka tak heran jika kepergiannya meninggalkan luka mendalam termasuk para pejabat pemerintahan.

"Beliau sosok ulama karismatik. Tentu saja dengan kabar duka ini, banyak kalangan yang merasa terpukul dan kehilangan," kata Tedi.

Sementara, Sekertaris PC. IPNU Kabupaten Purwakarta, Moh. Haqie Annazili mengatakan, kabar meninggalnya KH Adang Badruddin sudah tersiar ke sejumlah daerah.

Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya pelayat yang akan melakukan takziah ke tempat kediamannnya di komplek Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyah Cipulus

"Sudah banyak pelayat, bahkan dari tetangga daerah seperti, Bandung, Subang, Cianjur pun sudah nampak hadir," ujar Haqie ketika di rumah duka.

Dalam pergerakan NU, kata Haqie, beliau dikenal sebagai sosok sederhana dan konsisten dalam melakukan syiar agama.

Sehingga, selain bagi santri- santrinya, beliau juga dianggap sebagai inspiratif bagi keluarga besar NU dan masyarakat umumnya. "Kami turut berduka cita dan sangat kehilangan. Abah meninggal dunia diusia 77 tahun," ujar dia.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers