web analytics
  

Waduh, Ratusan KTP di Cianjur Dibakar Aparat Disdukcapil

Senin, 3 Agustus 2020 18:39 WIB Muhammad Ikhsan
Umum - Regional, Waduh, Ratusan KTP di Cianjur Dibakar Aparat Disdukcapil, KTP dibakar,cianjur,Disdukcapil

Sebanyak 573 KTP di Kabupaten Cianjur dibakar aparat  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cianjur, Senin (3/8/2020). (Ayobandung.com/M Ikhsan)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Sebanyak 573 KTP di Kabupaten Cianjur dibakar aparat  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cianjur, Senin (3/8/2020). Tentu saja bukan yang aktif, melainkan KTP rusak maupun invalid.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Cianjur, Munajat, mengatakan sebanyak 573 keping KTP elektronik yang dimusnahkan itu berhasil dikumpulkan selama periode Januari-Juli 2020. Sesuai aturan, KTP yang rusak ataupun invalid harus dimusnahkan dengan cara dibakar untuk mengantisipasi hal-hal tak diinginkan.

"Dokumen KTP elektronik yang diambil atau dikembalikan dari pemohon karena rusak ataupun invalid yang kami musnahkan hari ini (Senin), terdata sebanyak 573 keping," terang Munajat saat dihubungi melalui telepon, Senin (3//8/2020).

Pemusnahan dilakukan setelah dipastikan para pemohon sudah mendapatkan kembali pencetakan KTP elektronik yang baru. 

Munajat menuturkan, pemusnahan dokumen KTP elektronik rutin dilakukan secara periodik.

"Pemusnahan dokumen KTP elektronik yang rusak atau invalid masih terus berlanjut. Rata-rata, dari setiap dua hari, kami mendapatkan kisaran 400-600 keping KTP elektronik yang rusak," terangnya. 

Sebanyak 573 keping KTP elektronik yang rusak atau invalid itu diperoleh dari semua wilayah di Kabupaten Cianjur. Proses pengumpulannya sendiri dibantu petugas di desa.

"Sekarang kan layanan adminduk itu sudah dilakukan secara online melalui aplikasi Simpel Aku (sistem pelayanan administrasi kependudukan). Dokumen KTP elektronik warga yang rusak atau invalid kemudian diserahkan ke operator di kecamatan. Nanti yang kita mengambil dari para operator di tingkat kecamatan itu," katanya.

Editor: Adi Ginanjar Maulana
dewanpers