web analytics
  

Ngaku Temukan Obat Covid-19, Hadi Pranoto Bicara Soal Gelar Profesor

Senin, 3 Agustus 2020 18:33 WIB
Umum - Nasional, Ngaku Temukan Obat Covid-19, Hadi Pranoto Bicara Soal Gelar Profesor, Hadi Pranoto,Anji,obat covid-19

Hadi Pranoto. (Youtube)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Hadi Pranoto angkat bicara soal keraguan publik atas klaim gelar profesor yang disematkan kepadanya saat diwawancara di channel YouTube musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji.

Hadi menyebut, tidak pernah secara gamblang memperkenalkan diri sebagai seorang profesor. Dia mengaku hanya sebagai Ketua Tim Riset Penanganan Covid-19 untuk Emergency Kemanusiaan.

"Saya sampai saat ini belum men-declare saya siapa dari mana? Tapi di sini saya men-declare, saya Ketua Tim Riset Penanganan Covid-19 untuk Emergency Kemanusiaan," kata Hadi kepada wartawan di Bogor, Jawa Barat pada Senin (3/8/2020).

Dia juga menegaskan, dirinya bukan seorang dokter, sehingga tidak terdaftar di organisasi profesi dokter mana pun.

"Untuk masalah IDI, saya bukan dokter. Di database-nya ini pasti tidak ada, karena saya bukan dokter dan saya tidak ada keterikatannya dengan IDI. Saya adalah tim riset untuk melakukan penelitian untuk kepentingan kemanusiaan urgensi Covid-19," klaimnya.

Hadi kemudian menjelaskan, Tim Riset Penanganan Covid-19 untuk Emergency Kemanusiaan adalah tim independen tanpa anggaran negara yang terdiri dari berbagai macam latar belakang. Namun, dia tidak menyebutkan secara gamblang perihal tim ini.

"Kami melakukan riset secara independen, kami melakukan riset dengan biaya kami sendiri, tidak menggunakan angagran negara. Tidak meminta kepada negara, tidak menggunakan uang rakyat, ini hasil karya anak bangsa," ucap Hadi.

Menurut Hadi, pihaknya juga sudah sering ingin menjalin komunikasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) agar ramuan herbal temuan mereka bisa diuji untuk pasien Virus Corona atau covid-19 namun tak pernah ada respon pasti.

"Kita menunggu. Seharusnya ini dengan adanya temuan masyarakat seperti ini, yang peduli akan kesehatan dan nyawa saudara kita, mereka yang sudah diberikan fasilitas oleh negara, mereka jemput bola. Jangan mereka menunggu bola, mereka seperti raja menunggu rakyatnya melapor. Seharusnya mereka lebih agresif dan mereka lebih sportif dalam melihat kondisi yang ada saat ini," pungkas Hadi.

Sebelumnya, dalam video yang diunggah akun Youtube Dunia MANJI pada Jumat (31/7/2020), Hadi Pranoto yang mengaku sebagai pakar mikrobiologi, mengatakan telah berhasil menemukan obat Virus Corona.

"Alhamdulillah, sudah ribuan orang yang kita sembuhkan. Yang sudah terinfeksi maupun masih gejala dan juga pencegahan, sudah kita berikan herbal Antibodi Covid-19 ini. Alhamdulillah semuanya sembuh dan sehat," katanya.

Anji mengatakan antibodi Covid-19 sudah terbukti ampuh, bahkan digunakan di Wisma Atlet Kemayoran.

"Nama Prof Hadi Pranoto sulit sekali dicari di internet. Ada tapi sedikit sekali. Padahal, sejak bulan Mei beliau sudah menemukan Antibodi Covid-19 ini," tulis Anji dalam keterangan video tersebut.

Viralnya video ini menimbulkan reaksi dari sejumlah pakar, terutama pakar ilmu kesehatan.

Reaksi pun muncul dalam berbagai sanggahan, mulai dari profil Hadi Pranoto yang dinilai misterius hingga klaim seputar antibodi dan tes Covid-19.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers