web analytics
  

Menjadi Influencer, Apakah Prospek Menjanjikan untuk Karier?

Senin, 3 Agustus 2020 16:32 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Bandung Raya - Bandung, Menjadi Influencer, Apakah Prospek Menjanjikan untuk Karier?, influencer,Media Sosial,karier,Pekerjaan,Milenial,Youtuber,selebgram

Social media influencer asal Bandung, Fina Yudharisman (30). (Ayobandung.com/Eneng Reni)

BUAHBATU, AYOBANDUNG.COM -- Influencer kini tidak bisa lagi dianggap sebagai profesi iseng-iseng atau sekadar menyalurkan hobi. Seiring bertambahnya pengguna internet dan popularitas media sosial, prospek influencer sebagai pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan pun lebih menjanjikan.

Di Indonesia sendiri, diperkirakan ada ratusan ribu influencer yang tersebar di berbagai kota besar. Kehadiran influencer ini pun kemudian menjadi tren dan memunculkan lahan pekerjaan baru.

Karakter atau branding yang dibangun oleh seseorang pun menjadi kunci kekuatan bagi para pengikutnya untuk bisa terus terinspirasi. Seperti halnya yang diakui oleh Social media influencer asal Bandung, Fina Yudharisman (30).

Sejak beberapa tahun terakhir, perempuan lulusan Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung itu sudah menjadi panutan kaula muda Bandung dan menjadi acuan penampilan outfit of the day (OOTD). Dengan memanfaatkan media sosial instagram, Fina membangun konsep branding untuk menjadi sorotan dalam berbusana.

"Kalau scroll ke bawah Instagram aku, itu emang isinya gaya ootd semua karena dulu aku lebih ke fashion ootd, sharing lifestyle dan banyak follower aku memang dari kalangan anak muda," kata Fina, Senin (3/8/2020).

Namun Fina mengaku, konsep kontennya berubah setelah membangun rumah tangga dan hamil. Dia bahkan sempat galau dan ragu dengan nasib branding yang ingin ia tampilkan di media sosial. Maklum, dewasa ini prospek influencer cukup menjadi profesi yang menggiurkan.

"Pas udah menikah terus aku hamil, aku memang vakum dulu. Aku juga sempat galau apa aku mau jujur dengan keadaan aku sekarang bahwa aku udah menikah atau mau tetap dengan image yang dulu. Alhamdulillah, aku sama suami banyak diskusi, terus ngedukung buat be yourself bahwa memang fasenya udah beda," ungkap Fina.

Dengan berbagai pertimbangan, ibu satu anak itu kini beken dengan sebutan Ambu Fina. Mantan kru maskapai penerbangan itu pun kini dikenal sebagai selebgram yang fokus sebagai influencer parenting.

"Tadinya aku lebih banyak ke fashion dan lifestyle akhirnya aku pelan-pelan sharing soal aktivitas aku sebagai ibu muda. Dari proses kehamilan sampai segala macem. Intiny sharing buat temen-temen yang baru mau punya anak pertama yang masih bingung," ucapnya.

Beruntung, kala itu, pilihan Fina didukung dengan tren parenting yang tengah naik daun. Fina juga mengaku, mendapat momentum. Lantaran saat ini image ibu muda dikenal sebagai figur yang tetap kritis namun tetap aktif dalam berkarya di tengah kewajibannya mengurus keluarga.

"Alhamdulillah, begitu aku menancapkan kuku di seputar parenting, justru konsep seputar parenting lagi hits banget. Semua temen-temen mengakui tahun itu lagi eranya mommy influencer. Dan ternyata berkat dukungan keluarga, be yourself, akhirnya rezekinya ngalir dari sini sampai sekarang, dan ternyata menjanjikan," katanya.

Di April 2018, Fina pun akhirnya membangun event produser bernama Fina Yudharisman Mancom yang fokus mengadakan event parenting. Fina juga ingin menjawab keresahan para ibu muda yang haus ilmu soal masalah parenting.

"Ide awalnya juga karena sirik sama temen, dia orang Jakarta. Aku mikir, kenapa sih di Jakarta itu kalau kelas parenting itu pembicaranya oke, sponsornya keren-keren. Kalau di Bandung kan masih komunitas banget. Sedangkan aku penginnya itu di Bandung juga ada yang independen, dari konsep sampai pembicaranya juga ngepop. Dan kenapa aku bikin karena dari kegelisahan sendiri," ujarnya.

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers