web analytics
  

HUT ke-75 RI, Ayo Ikuti Lomba dari Kementerian Ini

Senin, 3 Agustus 2020 16:08 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Komunitas, HUT ke-75 RI, Ayo Ikuti Lomba dari Kementerian Ini, lomba kemerdekaan,lomba jurnalistik,Kemendikbud,hut ke-75 ri

Ilustrasi: Kamera (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Perayaan 75 tahun kemerdekaan Indonesia yang akan jatuh Senin (17/8/2020) tidak seperti biasanya. 

Di tengah pandemi Covid-19, masyarakat diminta untuk menerapkan protokol kesehatan seperti menghindari keramaian dan menerapkan jaga jarak.

Namun, semarak kemerdekaan tetap bisa dirasakan dengan berpartisipasi dalam lomba. Bukan lomba panjat pinang atau lomba balap karung tetapi lomba-lomba yang disiapkan kementerian dengan hadiah menarik pula.

Lomba Foto dan Artikel Jurnalistik Kemendikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) turut menyemarakkan hari kemerdekaan Indonesia dengan mengadakan lomba foto dan artikel jurnalistik. Lomba ini tidak dipungut biaya apa pun.

Dirangkum dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senin (3/8/2020), gelaran lomba ini boleh diikuti semua kalangan. Kategori dalam lomba ini terbagi menjadi 5. Mulai dari pelajar SMA sederajat, guru, dosen, wartawan, dan masyarakat umum.
 
Tahun ini, Kemendikbud mengusung tema "Merdeka Belajar, Gelora Budaya, Indonesia Bahagia". Pendaftaran pun dimulai 1-31 Agustus 2020. 

Nama pemenang akan diumumkan pada akhir September 2020 melalui laman dan akun media sosial resmi Kemendikbud. Para pemenang ini akan mendapatkan piagam dan dana apresiasi dari Kemendikbud.

Semua peserta, kecuali pelajar sederajat, boleh mengikuti lomba foto dan artikel sekaligus. Namun, peserta hanya diperkenankan mengikuti satu kategori untuk masing-masing lomba, sesuai dengan profesi peserta tersebut.

Lomba Video Kemenparekraf

Tidak kalah, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga menyelenggarakan “Lomba Rayakan Kemerdekaan”. 

Melansir dari laman resmi HUT RI 75 Kemenparekraf, Senin (3/8/2020), video yang dilombakan berdurasi 3 menit.

Lomba ini mengusung tema “Cinta Indonesia” dan tagline “Kerja Bersama Kita Bangkit”. Video juga harus memiliki unsur, bendera merah putih, berdiri tegap sikap sempurna saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan serentak Pukul 10.17 WIB, dan memperhatikan protokol kesehatan.

Pendaftaran dimulai tanggal 1 - 24 Agustus 2020. Pengunggahan video dilakukan di media sosial (Youtube, Facebook, dan Instagram) dengan Hashtag #BangkitUntukIndonesiaMaju pada tanggal 17 - 24 Agustus 2020.

Proses penjurian dilaksanakan tanggal 25 Agustus-3 September 2020. Pemilihan juara favorit dilakukan tanggal 4-6 Sepember 2020, dilanjutkan pada pengumuman pemenang tanggal 7 September 2020.

Apakah Anda tertarik? Silakan asah keterampilan dan kreativitas sekaligus merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75 tahun ini. (Ventriana Berlyanti)

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel terkait

dewanpers