web analytics
  

Menyapa Warga Pelosok Kabupaten Bandung dengan Ratusan Paket Daging Kurban Terbaik

Senin, 3 Agustus 2020 13:08 WIB Rizma Riyandi
Bandung Raya - Ngamprah, Menyapa Warga Pelosok Kabupaten Bandung dengan Ratusan Paket Daging Kurban Terbaik, Pembagian Daging Kurban,Daging Kurban,Iduladha 2020,Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Pembagian daging kurban (Istimewa)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Kebahagiaan para santri pondok pesantren dan warga sekitaran di seluruh wilayah implementasi distribusi kurban membuncah saat hewan kurban mulai disembelih. 

Penyembelihan hewan kurban tersebut merupakan bagian dari rangkaian program “labbaik berqurban terbaik” dari Global Qurban-ACT Bandung Jawa Barat. Penyembelihan dan pencacahan daging kurban dilaksanakan di 3 titik secara serentak di beberapa wilayah kota dan kabupaten bandung.

“Alhamdulillah, tahun ini kita mendapat amanah untuk mengimplementasikan distribusi Qurban dari salah satu mitra luar negri kita yaitu MOFA Kuwait sejumlah 15 sapi dengan proses penyembelihan, dibantu oleh beberapa  pondok pesantren binaan kita secara serentak yakni di Pondok pesantren Al musri desa Ciburuy Kabupaten bandung barat, titik kedua di PonPes Mihrab Qur’an Al Fatih daerah  kawasan bandung timur dan PonPes At-taslim, ciparay kabupaten bandung” Tutur Renno Mahmoeddin, Kepala cabang Global Qurban-ACT Bandung, Sabtu (31/7/2020).

Renno mengatakan, setelah proses penyembelihan, pencacahan dan pengemasan, tim akan mendistribusikannya ke enam wilayah dengan target 1300 jiwa. Dampak pandemi, ekonomi warga yang masih prasejahtera,  rawan pangan, jarang menikmati daging kurban, serta fasilitas pendidikan agama yang masih kurang menjadi alasan utama daging kurban didistribusikan. 

Daging kurban ini juga selain menjadi media dakwah, mudah-mudahan bisa membantu dan menyapa saudara- saudara kita dengan daging kurban terbaik ditengah kesulitan dari dampak pandemi ini,” tambahnya.

Proses pemotongan Sapi dan distribusi  ini,  melibatkan tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) dan Para santri dan ustadz dari pihak PonPes. Rasa kekeluargaan tercipta di tengah kondisi yang kurang baik karena adanya pandemi Covid-19. 

“Momentum implementasi pemotongan Qurban ini menjadi salah satu media pembelajaran bagi santri-santri binaan kita untuk langsung belajar esensi dari ibadah Qurban, baik dari praktek penyembelihan hewan secara syar’i, dan esensi berbagi kepada saudara semuslim, kami haturkan  terima kasih kepada ACT dan MOFA Kuwait karena sudah mengajak kami dalam implementasi distribusi kurban tahun ini,” ungkap salah satu pimpinan PonPes Mihrab Qur’an ustadz Isa.

Ratusan paket daging kurban menjangkau ratusan keluarga di sekitaran titik implementasi penyembelihan. Di bandung sendiri hingga akhir taysrik nanti akan terus mendistribusikan hingga ribuan paket daging. Daging tersebut diberikan ke warga prasejahtera, pelosok, serta jarang mendapatkan daging kurban

Sebaran wilayahnya pun beragam, mulai dari perkotaan yang dihuni masyarakat prasejahtera, hingga warga yang tinggal di pelosok kabupaten bandung yang sudah beberapa tahun terakhir tak bisa menikmati daging kurban.

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers