web analytics
  

Rutin Minum 2 Gelas Air saat Pagi Bisa Cegah Batu Ginjal!

Senin, 3 Agustus 2020 05:47 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, Rutin Minum 2 Gelas Air saat Pagi Bisa Cegah Batu Ginjal!, manfaat minum air,Batu Ginjal,Sakit Kepala,mencegah sakit

Rutin minum 2 gelas air putih saat pagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya mencegah batu ginjal.  (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Rutin minum 2 gelas air putih saat pagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya mencegah batu ginjal

Ketika tidur, tubuh secara alami kehilangan hidrasi, terutama jika seseorang mendengkur atau bernapas melalui mulut. Karenanya, minum air putih setelah bangun tidur sangatlah penting.

Untuk lebih jelasnya, berikut tujuh manfaat minum air putih di pagi hari seperti dilansir dari laman PureWow, Senin (3/8/2020).

1. Meningkatkan metabolisme

Menurut sebuah penelitian di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, air minum (sekitar 20 ons) dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda hingga 30 persen. Minum air putih kala perut kosong juga membantu menyehatkan sistem pencernaan.

2. Meringankan mulas dan gangguan pencernaan

Ketika Anda meneguk segelas air setelah bangun tidur membantu membersihkan asam makanan dari kerongkongan dan juga membantu menghilangkan asam dari gigi.

3. Cegah batu ginjal

Minum air putih setelah bangun tidur adalah kunci untuk melarutkan zat dalam urin yang dapat menyebabkan batu ginjal. Namun, kata para ahli, asupan air Anda harus banyak setidaknya setengah galon sehari untuk benar-benar menangkalnya.

4. Menghentikan sakit kepala

Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama sakit kepala. Karenanya, satu gelas air di pagi hari dipercaya bisa membantu mencegah sakit kepala.

5. Bantu membunuh racun di tubuh

Minum air putih setelah bangun tidur bisa membantu menjaga usus kecil Anda tetap terhidrasi dan mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh. Laju pengosongan lambung Anda dipercepat dengan berapa banyak air yang dikonsumsi. Semakin banyak Anda buang air kecil, semakin banyak racun yang keluar. Sesederhana itu.

6. Bebas bergerak
Ya, segelas air pada perut kosong juga membantu mengatur pencernaan dan memperlancar buang air besar.

7. Mencegah sakit
Untuk menghindari flu, Anda harus menjaga agar sistem limfatik yakni bagian vital dari sistem kekebalan tubuh tetap terhidrasi. Segelas air di pagi hari akan membantu menangkal kemacetan dan memastikan drainase yang tepat.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers