web analytics
  

Ingin Detoks Gula Sebulan? Begini Langkah Mudahnya

Senin, 3 Agustus 2020 04:33 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, Ingin Detoks Gula Sebulan? Begini Langkah Mudahnya, Detoks Gula,Tips Kesehatan

Dalam 3 hari pertamanya, sebaiknya tidak konsumsi gula sama sekali. (Pexels/Suzy Hazelwood)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Detoks gula atau mengurangi konsumsi gula sangat bermanfaat bagi tubuh. Detoks gula dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan, bahkan membuat kulit lebih bercahaya.

Brooke Alpert, penulis “The Sugar Detox: Lose the Sugar, Lose the Weight – Look and Feel Great" mengatakan, salah satu kekhawatiran terbesar adalah jumlah gula tambahan yang tersembunyi dalam makanan. Makanan yang terkesan tidak terlalu manis seperti saus dan roti pun bisa mengandung banyak gula.

"Orang-orang tidak menyadari bahwa makanan yang tampaknya sehat ternyata mengandung gula. Pada dasarnya kita makan gula sepanjang hari, dari pagi hingga malam," kata Alpert, dilansir dari CNN, Jumat (31/7/2020).

Selama 3 hari pertama detoks gula, Alpert merekomendasikan untuk tidak memakan tambahan gula, buah-buahan, sayuran bertepung (seperti jagung, kacang polong, dan ubi), susu, biji-bijian, juga alkohol.

"Pada dasarnya 3 hari pertama (untuk) mengonsumsi protein, sayuran, dan lemak sehat," ujar Alpert.

Setelah 3 hari pertama selesai, Anda dapat menambahkan apel. "Pada hari ke-4, sebuah apel rasanya seperti permen," kata Alpert.

Dia juga menambahkan indera pengecap akan melakukan penyesuaian ulang dalam mencicipi gula alami. Pada hari ke-4, Anda boleh menambahkan sebuah apel, sayuran berkadar gula lebih tinggi seperti wortel, dan susu setiap hari.

Olahan susu, seperti yoghurt atau keju pun harus full-fat serta tanpa pemanis. Lemak, serat, dan protein di dalamnya dapat memperlambat penyerapan gula. “Jadi menghilangkan lemak dari susu akan membuat tubuh menyerap gula lebih cepat," kata Alpert.

Setelah 2 minggu, Anda dapat memakan buah beri yang kaya antioksidan dan tambahan susu. Sayuran bertepung seperti ubi juga bisa dikonsumsi lagi.

Seminggu setelahnya, Anda boleh mengonsumsi biji-bijian seperti barley, quinoa, oatmeal, dan beberapa buah seperti anggur boleh dikonsumsi.

Di minggu ke-4, Anda dapat kembali mengonsumsi nasi, roti, dan makanan berserat tinggi. "Anda bisa makan sandwich di minggu ini,” ujar Alpert.

Pada minggu ke-4 pula Anda sudah diizinkan memakan es krim atau kue. "Karena perilaku adiktif hilang, memakan es krim sekali atau 2 kali tidak akan mengembalkkan Anda ke titik awal," tutur Alpert.

Detoks gula dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat, mata dan kulit terlihat lebih cerah, hingga lingkaran hitam di bawah mata yang terlihat lebih sedikit. Untuk mencapai hasil maksimal, kunci agar berhasil detoks gula adalah niat, konsistensi, dan dukungan orang di sekitar. (Ventriana Berlyanti)

Sumber: CNN
Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers