web analytics
  

ITS Gelar Wisuda Online Pakai Minecraft

Minggu, 2 Agustus 2020 19:16 WIB

Minecraft Wisuda Online ITS. (Youtube Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

SURABAYA, AYOBANDUNG.COM -- Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya menggelar wisuda online untuk kali pertama di tengah pandemi Covid-19. Selain ditayangkan melalui kanal YouTube, prosesi wisuda ini juga menggunakan format game Minecraft dalam pembukaannya.

ITS mewisuda ribuan mahasiswanya secara daring. Acara disiarkan melalui kanal YouTube Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Memanfaatkan perangkat game Minecraft, pembukaan wisuda diperankan karakter game yang mewakili mahasiswa untuk datang ke tempat wisuda.

Cuplikan game tersebut menunjukkan langkah-langkah wisuda pada umumnya, mulai dari datang dan memasuki gedung, kemudian naik ke atas panggung untuk mendapatkan ijazah dan dipindah tali toganya, bertemu rektor, hingga berjalan keluar meninggalkan gedung.

Cuplikan permainan dalam prosesi tersebut dibuat oleh Mahasiswa Departemen Informatika, yang bertujuan untuk menambah euforia wisuda secara daring pertama di ITS. Para mahasiswa diharapkan dapat merasakan sensasi secara virtual bertemu dengan rektor dan menerima ijazah.

Meski diawali dengan perumpamaan game Minecraft, tetapi prosesi wisuda tetap menghadirkan rektor dan jajaran petinggi universitas lainnya di gedung wisuda. Sementara, paduan suara dan mahasiswa yang diwisuda mengikuti dari kediaman masing-masing.

Disiarkan langsung pada Minggu (2/8/2020), acara wisuda tersebut sudah disaksikan lebih dari 9.000 pengunjung YouTube. Ada 400 lebih warganet lainnya yang menekan tombol suka, serta puluhan komentar yang ditinggalkan.

"Bayangkan ada yang Spawn Wither di tengah prosesi wisuda," tulis akun Rozy Arraff.

"Wisuda pake robot memanglah epic tapi pernah gak si kamu wisuda di game minicraft," komentar akun Alan Yanwar.

Sementara akun Eric Kristian K ikut berkomentar, "Nih kalau mode survival kepencet tap itu orang lain bisa mati wkwkwk,"

Dibagikan juga oleh akun Twitter @collegemenfess, banyak warganet yang meragukan kebenaran prosesi tersebut. Namun, tidak sedikit juga mahasiswa ITS yang membalas keraguan warganet dengan foto-foto bukti penyelenggaraan wisuda dengan game Minecraft.

"Ngikutin yang orang luar wisuda pakai minecraft juga kayanya ya, tapi yang orang luar keren sih sampe stadiumnya dibikin," tulis akun @rvndbby.

"Woilah buat terowongan di bawah gedungnya terus letakan TNT habis itu ledakan dah ambyar gak jadi wisuda," komentar akun @awsuckid.

Membaca komentar warganet, akun Twitter ITS juga turut memberikan konfirmasi bahwa pelaksanaan wisuda dengan game Minecraft tersebut benar adanya. Hal tersebut merupakan kejuatan yang dibuat untuk menambah euforia pelaksanaan wisuda secara online.

"Sebagai Program Director live streaming Wisuda Online ITS pertama kali di youtube, aku bangga sama kalian para kru @ITStv_official walaupun loading dan gladi resik sampe hampir 12 jam, tapi sukses parah!," tulis akun @umbaraSM.

"Buat yang nanya gimana cara buatnya, ada guys. Ini kayak minecraft education gitu bentukkannya. Dia bisa bikin non-player character buatan dan bisa ngobrol kayak di pict 4. Bisa dibikin flow wisuda (datang, salam-salaman, dll) dijadiin in-game story gitu," komentar akun @andthebarguy.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers