web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Pemotor Harus Tahu, Ini Kecerobohan saat Berkendara!

Minggu, 2 Agustus 2020 14:05 WIB Ananda Muhammad Firdaus

Pengendara berada di garis pembatas social distancing atau starting grid di persimpangan Jalan Pasteur-Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Sabtu (25/7/2020). Untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, sejumlah ruang henti khusus (RHK) yang ada di persimpangan jalan di Kota Bandung dipasang garis pembatas social distancing bagi pengendara motor saat menunggu lampu lalu lintas. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Menjaga keselamatan diri saat berkendara adalah hal wajib yang mesti dilakukan setiap orang. Tidak hanya saat mengaspal di jalan raya, bahkan saat memarkirkan kendaraan pun Anda mesti sadar.

Nyatanya masih banyak di antara kita yang lalai terhadap cara menggunakan kendaraan yang baik, tak terkecuali motor. Akibat dari kesalahan ini ada yang bisa menimbulkan kerugian material, ada juga yang mengancam nyawa.

Dilansir dari Visordown, berikut lima kesalahan paling umum yang kerap dilakukan oleh para pemotor.

1. Ceroboh saat parkir

Pastikan Anda meninggalkan kuda besi kesayangan di tempat yang mudah diawasi. Selain itu pastikan juga menggunakan piranti pengaman, seperti gembok cakram atau minimal kunci stang, agar motor tak raib digondol maling.

2. Terpancing ikut ngebut

Bikers dari kalangan remaja hingga dewasa muda terkadang masih kerap berkendara dalam semangat berapi-api. Tak jarang dari mereka yang terpancing ingin ngebut cuma karena ada orang lain yang melakukan hal yang sama.

Hal ini berbahaya karena setiap orang mempunyai ritme berkendara yang berbeda, apalagi saat melakukan cornering alias menikung-rebah.

3. Ngerem mendadak

Tak perlu panjang lebar, mengerem mendadak bisa membuat pengendara di belakang Anda kelabakan dan bisa saja memicu kecelakaan.

4. Mengira semua orang sadar kehadiran Anda

Jangan salah, beberapa kasus kecelakaan disebabkan oleh kehadiran kendaraan yang tak terdeteksi, sehingga pengendara lain salah antisipasi. Misalnya saat Anda hendak mendahului kendaraan lain.

5. Motoran saat sedih atau marah

Berkendara saat emosi sedang tak stabil bisa memicu pengambilan keputusan yang buruk. Nggak jarang kan ada orang yang ngebut cuma karena sedang marah sama kekasihnya?

Itulah lima kesalahan pemotor yang wajib dihindari. Sering melakukan yang mana nih, Sob?

Sumber: Mobimoto.com
Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel lainnya

dewanpers