web analytics
  

Suasana Hati Berubah saat Minum Pil KB? Begini Menurut Ilmuwan

Minggu, 2 Agustus 2020 07:57 WIB Ananda Muhammad Firdaus
Gaya Hidup - Sehat, Suasana Hati Berubah saat Minum Pil KB? Begini Menurut Ilmuwan, Pil KB,ilmuwan,Perempuan

Ilustrasi Pil KB (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Para ilmuwan melaui penyelidikannya membeberkan alasan yang paling mungkin menyebabkan sejumlah perempuan mengalami perubahan suasana hati saat mengonsumsi pil KB.

Melansir dari Medical Xpress, Nafissa Ismail seorang Profesor di Sekolah Psikologi Ottawa mencoba menjawab pertanyaan mengapa banyak perempuan yang mengalami pengaruh pada suasana hati setelah menggunakan pil KB.

"Jutaan perempuan telah menggunakan kontrasepsi oral, tetapi sedikit yang diketahui tentang apakah hormon sintetis yang ditemukan dalam kontrasepsi oral memiliki efek pada perilaku dan neurofisiologis," ujar Ismail.

Kerja sama dengan dokter Andra Smith yang juga seorang Profesor di Sekolah Psikologi Ottawa, Ismail mulai menyelidiki perempuan yang sudah mengunakan pil KB dan belum. Studi mereka telah diterbitkan dalam jurnal Hormones and Behavior.

Penyelidikan dalam penelitian dilakukan dengan membandingkan respons stres, serta struktur dan fungsi otak. Hasilnya, mereka yang mengunakan pil KB dikaitkan perubahan struktural di daerah otak yang terkait dengan memori dan proses emosi.

"Kondisi ini dapat memengaruhi mekanisme saraf, ini jadi jawaban mengapa beberapa perempuan mengembangkan gangguan terkait suasana hati setelah penggunaan kontrasepsi oral, salah satunya depresi," kata Ismail.

Meskipun begitu, para peneliti menyatakan bahwa masih butuh penelitian lain untuk dapat memahami sepenuhnya dampak dari kontrasepsi oral pada kesehatan perempuan.  

"Tujuan kami hanya ingin memberi saran pada perempuan untuk dapat memilih kontrasepsi yang menurut mereka paling tepat," tambahnya.

Sumber: Himedik.com
Editor: Ananda Muhammad Firdaus
dewanpers