web analytics
  

Ini Resep Rahasia Bikin Jajanan Taiwan ala Shihlin

Sabtu, 1 Agustus 2020 10:55 WIB Icheiko Ramadhanty

Ilustrasi ayam shihlin (Cookpad.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Jajanan ayam krispi dengan bumbu bubuk asal Taiwan seperti Shihlin cukup digemari masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya outlet yang membuka jajanan serupa, khususnya mal-mal di Jakarta.

Jajanan ini tergolong mudah dibuat sendiri di rumah. Melansir dari akun Youtube, Kokiku TV, berikut kami rangkum resep cara membuat jajanan ala Shihlin yang dijamin bikin kalian ketagihan untuk membuatnya sendiri.

Bahan-bahan yang harus disiapkan:

1.  Sebanyak 1 sendok makan (sdm) gula pasir

2.  Sebanyak 1 sendok makan teh (sdt) bubuk cabai

3.  Garam secukupnya

4.  Bumbu marinasi

5.  Dada ayam

6.  Sebanyak 2 butir telur

7.  Tepung terigu

8.  Tepung tapioka

Cara membuat:

Kalian siapkan ayam bagian dada, lalu diiris melebar, kemudian digeprek. Setelah itu, kalian rendam dada ayam tersebut bersama dengan bumbu marinasi. Bumbu marinasi terdiri dari dua jenis, yaitu bumbu kering (terbuat dari campuran garam, mentega, dan rempah-rempah lainnya) dan bumbu basah (terbuat dari campuran minyak dengan rempah-rempah atau jenis olesan lain seperti yogurt). Setelah daging ayam tercampur dengan bumbu marinasi, kalian diamkan selama 15 menit.

Selagi menunggu ayam dan bumbu meresap, kalian siapkan 1 cangkir tepung terigu, 2 butir telur yang sudah dikocok, dan 1 cangkir tepung tapioka. Setelah dirasa cukup, ambil daging ayam tersebut dan campurkan ke dalam tepung terigu.

Setelah merata, ambil dan masukkan ke dalam kocokan telur yang sudah disiapkan. Langkah selanjutnya yaitu masukkan daging ayam yang sudah berlumur tepung terigu dan telur ke dalam tepung tapioka.

Jika dirasa cukup, siapkan minyak goreng dan tunggu hingga panas. Kalian masukkan daging ayam itu ke dalam minyak panas dan tiriskan hingga kering.

Langkah paling terakhir yaitu menyiapkan bumbu bubuk. Campurkan 1 sendok bubuk cabai, gula, dan garam secukupnya. Taburkan bumbu yang sudah tercampur itu diatas irisan dada ayam yang sudah dipotong-potong. Bagaimana? Mudah kan membuatnya. Jangan lupa dicoba, guys.

Editor: Adi Ginanjar Maulana
dewanpers