web analytics
  

Libur Iduladha, 30 Ribuan Kendaraan Masuk Bandung lewat Tol

Sabtu, 1 Agustus 2020 20:21 WIB
Bandung Raya - Bandung, Libur Iduladha, 30 Ribuan Kendaraan Masuk Bandung lewat Tol, Pasteur Macet,Jalan Tol,Kemacetan di Lembang,Macet Kota Bandung 2020

Kendaraan mengular di Pasteur Bandung. (ayobandung/Irfan Al Faritsi)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pada libur Iduladha, jalanan Kota Bandung terpantau ramai. 

Kasat Lantas Polrestabes Bandung, Kompol Bayu Catur Prabowo, mengatakan sebanyak 30 ribu kendaraan yang masuk ke Kota Bandung, menggunakan jalur tol.

Beberapa titik seperti kawasan Jalan Kiaracondong, Setiabudi, Merdeka, Buahbatu, Dago dan Pasteur, terpantau ramai lancar, Sabtu siang menjelang sore.

Di lokasi pusat perbelanjaan seperti Bandung Indah Plaza (BIP), Pasar Baru, Paris Van Java Plaza (PVJ), dan Ciwalk, pun nampak ramai, namun tidak terlalu penuh.

Kemacetan terjadi di sekitaran Terminal Ledeng, yang mengarah ke kawasan wisata Lembang. Petugas kepolisian lakukan buka tutup jalan, untuk mengurai kemacetan.

Titik kemacetan dimulai dari Jalan Setiabudi, Kota Bandung. Terpantau ada antrian kendaraan yang mengarah ke kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Dikonfirmasi, Kasat Lantas Polrestabes Bandung, Kompol Bayu Catur Prabowo mengatakan, kemacetan di Terminal Ledeng, disebabkan adanya pengalihan arus lalu lintas.

"Jadi memang kita alihkan, bagi masyarakat yang ingin ke Lembang, kita putar ke arah Sersan Badjuri, nanti tembus di pos Beatrix dan langsung ke Lembang. Karena kalau lewat Setiabudi, itu akan terjadi penumpukan," kata Bayu, via ponselnya.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Jabar, Kombes Pol Eddy Djunaedi, menuturkan, kondisi arus lalu lintas di Jabar, baik jalur Pantura, Tengah, Selatan, dan jalur tol, dalam kondisi ramai lancar tidak ada kepadatan kendaraan.

"Total yang dihitung sejak Kamis hingga kemarin dan tidak begitu jauh dengan hari ini ada 200 ribu kendaraan dari Jaya (Jakarta) yang melintas di Jabar," kata dia.

Eddy mengatakan, kepadatan arus lalu lintas, hanya terjadi di Kawasan Limbangan, Garut. Dimana saat ini pihaknya tengah berlakukan one way (satu arah) dari Bandung ke Tasikmalaya.

"Kita sedang berlakukan oneway di Limbangan. Waktunya pemberlakuannya, situasional," katanya.

Eddy memprediksi arus balik libur Idul Adha ini bakalan terjadi besok hari sampai dengan Senin nanti. Meski begitu, Eddy juga mengatakan pada hari ini pun, sudah ada pergerakan arus balik.

"Di Palimanan sudah telihat, hanya persentase (arus balik) kecil hanya tiga persen. Besok kemungkinan prediksi terjadi peningkatan arus balik," ucapnya.

Eddy menghimbau masyarakat yang tengah melakukan perjalanan, untuk tidak berhenti di bahu jalan, baik di tol maupun di jalur arteri. Pasalnya pemberhentian di bahu jalan, membahayakan bagi pengguna jalan.

"Kita himbau untuk cari rest area yang tidak terlalu penuh. Dan tidak berlama-lama di rest area," pungkasnya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers