web analytics
  

Libur Iduladha, Lalu Lintas Kawasan Wisata Lembang Padat Merayap

Sabtu, 1 Agustus 2020 15:50 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Bandung, Libur Iduladha, Lalu Lintas Kawasan Wisata Lembang Padat Merayap, Lembang,Wisata Lembang,Wisata Alam,Wisata

Sejumlah kendaraan memadati Jalan Raya Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (14/6/2020). Memasuki masa transisi era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) jumlah kendaraan serta aktivitas warga di wilayah tersebut meningkat sekitar 75% dibanding pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) beberapa waktu lalu. (Kavin Faza)

LEMBANG, AYOBANDUNG.COM -- Libur akhir pekan berbarengan dengan suasana Idul Adha 2020 kawasan wisata Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB) dipadati wisatawan berbagai daerah, Sabtu (1/8/2020).

Antrean kendaraan terlihat mengular di pertigaan beatrix Lembang yang merupakan akses masuk kawasan wisata Lembang dari arah Kota Bandung, Subang dan Padalarang.

Keramaian wisatawan juga nampak di pintu sejumlah objek wisata yang ada di Lembang seperti Curug Pelangi, Farmhouse, Floating Market, Grafika Cikole dan Dusun Bambu.

Ribuan kendaraan roda dua dan empat dari arah Terminal Ledeng,  Kota Bandung menuju Lembang,  Kabupaten Bandung Barat terjebak kemacetan karena kiruk pikuk di sekitar pintu masuk objek wisata.

Polisi melakukan rekayasa lalu lintas  buka tutup arus kendaraan di Jalan Raya Lembang,  tepatnya tak jauh dari objek wisata The Great Asia Africa.

Salah seorang wisatawan asal Cikarang,  Bekasi, Beni Nurahman (42) mengatakan, untuk bisa sampai ke Lembang dari Kota Bandung membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

"Di depan UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) kendaraan sudah mulai terlihat  mengantre. Saya mulai curiga, pasti ke Lembang macet," kata Beni di Lembang

Ia mengaku terjebak antrean panjang hampir selama 2 jam.  Meski harus bersusah payah menuju Lembang, ia mengaku puas bisa menghabiskan liburan Idul adha di daerah tujuan wisata berudara sejuk ini

"Ya mau bagaimana lagi, namanya juga usaha.  Butuh pengorbanan buat berwisata,"  ujarnya sambil tersenyum. 

Namun, ia tidak menyangka jika jalur menuju Lembang macet separah ini. Sementara informasi sebelumnya, akhir pekan lalu antrean kendaraan tidak terlalu parah. 

Terlihat mobil pribadi berplat nomor B mulai memenuhi Jalan Raya Lembang. Sementara sepeda motor di luar nomor Bandung,  banyak yang berplat nomor T dan Z. 

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Cimahi, AKP Susanti Samaniah mengatakan peningkatan volume kendaraan pada hari Iduladha kali ini diperkirakan mencapai 60%.

"Sudah ada peningkatan volume kendaraan tapi belum signifikan. Peningkatan ini sebetulnya masih dalam taraf normal," ungkapnya.

Namun pihaknya memperkirakan gelombang kedatangan wisatawan ke Kabupaten Bandung Barat, akan terus bertambah menjelang sore. Tujuannya pun beragam, mulai dari sekadar jalan-jalan maupun bermalam di Lembang hingga akhir pekan ini. 

"Prediksi kami puncak kedatangan kendaraan wisatawan ke Lembang sore dan malam. Kalau pagi sampai siang mungkin masih ada yang silaturahmi ke keluarga atau ada yang penyembelihan hewan," bebernya.

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers