web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Tips Aman Pilih Hotel saat Pandemi Covid-19

Sabtu, 1 Agustus 2020 10:59 WIB Icheiko Ramadhanty

Hotel (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Pandemi Covid-19 memaksa sebagian negara tidak bisa berlama-lama melakukan lockdown atau karantina wilayah. Beberapa negara mulai menerapkan kebijakan kenormalan baru dengan dibukanya sektor pariwisata untuk memancing kembali pertumbuhan ekonomi.

Indonesia merupakan salah satu negara yang tengah menerapkan sistem hidup dalam kenormalan baru itu (new normal). Dilansir dari thrillist, berikut beberapa tips aman dalam memilih penginapan jika anda harus ke luar kota atau bahkan ke luar negeri.

1. Cari penginapan dengan sistem Enhanced Clean

Sistem ini merupakan protokol kesehatan global dimana pemilik penginapan harus membersihkan dan menyemprot seluruh ruangan dengan disinfektan. Hal ini harus dilakukan baik setelah menerima tamu, maupun sebelum menerima tamu. Adapun, anda dapat mencari informasi terlebih dahulu penginapan mana saja yang sudah siap dengan protokol kesehatan kenormalan baru.

2. Cek informasi daerah terkait

Sebelum bepergian, hendaknya anda memeriksa seluruh informasi di daerah atau kota yang anda tuju terkait penanganan Covid-19. Hal ini diperlukan, mengingat efek pandemic memiliki fase yang berbeda-beda di tiap wilayah atau negara.

3. Menganggap penginapan sebagai rumah pribadi

Jika anda menginap di hotel, langkah terbaik yang harus dilakukan untuk melindungi diri serta melindungi orang lain dari Covid-19 adalah dengan menganggap hotel tersebut sebagai rumah pribadi mereka. Anda dapat membatasi diri dengan menjaga jarak antar orang di dalam rumah dan menjaga ruangan atau permukaan barang agar tetap bersih.

Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC AS) juga menyarankan untuk selalu membersihkan permukaan barang yang sering disentuh.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel lainnya

dewanpers