web analytics
  

Hapus Rasa Tidak Percaya Diri dengan Memulai Kemampuan Baru

Sabtu, 1 Agustus 2020 05:27 WIB Icheiko Ramadhanty
Umum - Pendidikan, Hapus Rasa Tidak Percaya Diri dengan Memulai Kemampuan Baru, Pendidikan,skill,bekerja,tidak percaya diri

Ilustrasi (Unsplash.com/Avel Chuklanov)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Rasa insecure atau tidak percaya diri sedang marak dirasakan oleh banyak orang, terutama kaum muda. Berbagai alasan melatarbelakangi munculnya perasaan tersebut, mulai dari tuntutan hidup yang tinggi hingga disangkut-pautkan dengan privilege atau hak istimewa yang dimiliki seseorang.

Jangan menyerah di tengah jalan guys. Kalian bisa hapus rasa tidak percaya diri dengan mengembangkan dan menemukan skill-skill baru untuk menunjang kualitas diri yang lebih baik.

Management Konten Pendidikan dari Skill Academy by Ruang Guru, Annisa Ainina Novara, membagikan tip-tip untuk mengembalikan rasa percaya diri kalian, nih. Annisa mengatakan bahwa tip pertama ada pada diri kalian masing-masing. Loh kok gitu?

Annisa menuturkan bahwa untuk memulai skill baru, kalian harus bertanya pada diri kalian sendiri tentang, ‘apa sih yang pengen aku ubah?’ atau ‘apa sih yang aku suka?’

“Misalnya, kalian suka nonton drama Korea, tapi ketika dengar lagu-lagu Korea trus bilang bagus. Kalian bisa cari dimana kalian bisa mahir menulis lagu Korea yang bagus,” kata Annisa dalam seminar Virtual Impact Circle, Kamis (30/07/2020).

Nah, sampai sini paham kan? Yuk, lanjut ke tip kedua. Tip kedua adalah buat target. Setelah menemukan apa yang kalian inginkan, mulailah untuk menargetkan hal tersebut menjadi target kecil terlebih dahulu.

“Jangan langsung target yang besar. Kenapa? Supaya tujuannya tercapai. Lebih baik buat kecil-kecil tapi bisa tercapai,” lanjut Annisa.

Tip ketiga yaitu menjadwalkan waktu. Dia menekankan agar kalian dapat fokus dalam mendalami skill yang diminati.

“Misalnya jam 6 sampai 7 mau belajar 10 menit aja. Itu gapapa. Karena belajar itu yang penting fokus dan itu sudah cukup,” tuturnya.

Tip keempat yaitu Praktek. Sebagai anak muda, kalian dituntut untuk beraksi daripada ngomong doing, kan?

Tip selanjutnya adalah bergabung dengan komunitas belajar. Eits, komunitas belajar yang dimaksud bukan komunitas seperti kerja kelompok sekolah loh ya. Komunitas belajar disini adalah kalian dapat menemukan perkumpulan anak muda lain yang mempunyai tujuan yang sama.

“Selain belajar, kalian punya teman untuk diskusi. Ajak diskusi teman-teman supaya saling bertukar fikiran. Akan ada ekosistem belajar dalam diskusi itu,” tegasnya.

Nah, itu dia berbagai tip dari Ruang Guru yang berguna banget untuk menghilangkan kecemasan kamu akan masa depan. So, kalian siap kan untuk belajar lagi?

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel terkait

dewanpers