web analytics
  

Begini Enaknya Kerja di Kedutaan Besar Luar Negeri

Sabtu, 1 Agustus 2020 05:22 WIB Icheiko Ramadhanty
Umum - Nasional, Begini Enaknya Kerja di Kedutaan Besar Luar Negeri, kerja,kementerian luar negeri,CPNS

Ilustrasi (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia membuka lowongan kerja untuk posisi pegawai setempat atau lebih dikenal dengan nama staf lokal. Nantinya, pegawai setempat akan ditempatkan di kedutaan besar Indonesia di luar negeri, loh. Keren kan?

Tapi, ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh pelamar nih. Selain persyaratan umum, Kemlu juga hanya memberikan latar belakang pendidikan tertentu. Jadi, gak semua orang bisa daftar ya.

Sebelumnya, kita bakal bahas tentang gimana sih rasanya bekerja di kantor kedutaan besar? Wah, jika dibayangkan pasti seru banget ya. Kita bisa tinggal di negara orang lain, menikmati suasana yang berbeda dari Indonesia, bahkan kita bisa punya teman dari negara lain. Keren banget kan pastinya?

Tapi jangan senang dulu, sebelum mengetahui enaknya, kita kasih tahu gak enaknya dulu, deh. Dilansir dari akun channel Youtube, Najib Indonesia, berikut hal-hal yang jadi konsekuensi atau gak enaknya bekerja di kedutaan, nih guys.

1. Harus sewa tempat tinggal

Pendapatan yang diterima per bulan dari seorang pegawai setempat, tidak termasuk tunjangan tempat tinggal. Pegawai setempat harus mengeluarkan uang dari gaji tersebut untuk menyewa tempat tinggal di negara bersangkutan.

2. Tiket pesawat ditanggung sendiri

Selain harus mengeluarkan budget untuk biaya sewa tempat tinggal, pegawai setempat juga harus menanggung biaya tiket pesawat ke luar negeri dengan uang pribadi.

3. Listrik, air, dan internet pun bayar sendiri

Wah ternyata cukup memberatkan ya untuk bekerja menjadi pegawai setempat kedutaan besar di luar negeri. Tak hanya sewa rumah dan tiket pesawat, pegawai setempat juga harus menanggung biaya lainnya seperti listrik, air, dan kuota internet secara mandiri, lho.

4. Tak seindah mimpi dan harapan

Banyak orang yang beranggapan bahwa bekerja di kedutaan besar merupakan suatu hal yang hebat dan diimpikan semua orang. Eits, ternyata gak semuanya kayak gitu lho. Buktinya, ketiga poin diatas mewakili keadaan yang sebenarnya

5. Jauh dari keluarga

Bekerja di luar negeri sudah pasti akan memaksa-mu untuk berada jauh dari keluarga di Indonesia. Menurut pengalaman Najib, kantornya hanya memberikan satu kali cuti dalam setahun. Wah gimana guys, masih tertarik gak nih jadi pegawai setempat kedutaan? Hehe

Nah, setelah kita kupas ­gak enaknya kerja di kedutaan besar Indonesia, selanjutnya masuk ke sesi yang enaknya nih guys. Masih dalam akun channel YouTube yang sama, Najib juga membagikan enaknya kerja di kedutaan, loh. Simak baik-baik, ya.

1. Gaji dolar Amerika Serikat (USD)

Wow, siapa yang tidak ingin bergaji dolar? Pasti semua orang pengen dong ya. Nah, dengan status sebagai pegawai lokal kedutaan, kalian sudah pasti akan digaji dengan mata uang dolar. Menurut pengalaman Najib, kisaran gaji yang diberikan sebesar 1.000 hingga 1.500 USD.

2. Kesempatan bangun relasi

Bekerja di luar negeri tentunya akan membawa kalian bertemu dengan lebih banyak orang penting. Entah mereka berasal dari kalangan pejabat, pebisnis, maupun  tamu penting lainnya.

3. Mengunjungi wisata dan keindahan negara lain

Tinggal di negara yang mempunyai iklim, cuaca, dan keadaan alam yang berbeda dari Indonesia adalah suatu kesenangan tersendiri. Jika pergi ke negara Eropa, kalian bisa ngerasain salju yang gak akan pernah turun di Indonesia, kan?

Nah, itu tadi rangkuman hal-hal ­enak dan gak enaknya jadi pegawai setempat di kedutaan besar Indonesia. Hmm, kalau diliat kok lebih banyak gak enaknya ya daripada enaknya? hehe

Tapi, semoga itu gak mengurangi semangat teman-teman untuk belajar dan mencari pengalaman baru, ya.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel terkait

dewanpers