web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Studi Temukan Hidung Anak-anak Jadi Tempat Penularan Covid-19

Sabtu, 1 Agustus 2020 05:18 WIB Icheiko Ramadhanty

Ilustrasi (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Sebuah penelitian dalam jurnal kesehatan asal Amerika Serikat (AS), JAMA Pediatrics, mengatakan bahwa anak-anak di bawah usia lima tahun memiliki 10 hingga 100 kali lebih tinggi membawa materi genetik dari Covid-19. Penelitian itu menyebut anak-anak itu membawa virus Corona dalam hidung mereka.

Para peneliti mengungkap bahwa anak-anak usia belia juga bisa menjadi carrier atau pembawa virus dari penularan Covid-19. Penelitian ini muncul ketika Pemerintah AS ingin membuka kembali sekolah-sekolah dan tempat penitipan anak.

Melansir dari al-arabiya.net, para peneliti awalnya melakukan swab test antara 23 Maret dan 27 April. Tes tersebut dilakukan pada 145 pasien di Chicago. Para pasien dibagi dalam tiga kelompok, yaitu 46 anak di bawah lima tahun, 51 anak berusia lima hingga 17 tahun, dan 48 orang dewasa berusia 18 hingga 65 tahun.

“Jumlah SARS-CoV-2 (Covid-19) 10 kali lipat hingga 100 kali lebih besar ada di saluran pernapasan atas (hidung) anak-anak,” tulis penelitian yang dipimpin oleh Taylor Heald-Sargent dari Rumah Sakit Anak Ann dan Robert H.Lurie, dilansir dari al-arabiya.net, Jum’at (31/07/2020).

Selain penemuan itu, para peneliti mengungkap penemuan lain yang dilakukan di laboratorium. Mereka mengatakan menemukan banyak genetik lain virus Corona, yang berpotensi akan semakin banyak virus lain dapat menular.

"Dengan demikian, anak-anak di usia belia berpotensi menjadi penyebar SARS-CoV-2 (Covid-19) dalam masyarakat," catat para peneliti itu.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel lainnya

dewanpers