web analytics
  

Ada Cacing di Hati Hewan Kurban, Kadispangtan: Dagingnya Sehat

Jumat, 31 Juli 2020 11:03 WIB Fichri Hakiim
Bandung Raya - Bandung, Ada Cacing di Hati Hewan Kurban, Kadispangtan: Dagingnya Sehat, hewan kurban,cacing di hati hewan kurban,Wali Kota Bandung Oded M. Danial,Dispangtan

Proses pemotongan daging kurban di Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung, Jumat (31/7/2020) (Ayobandung.com/Fichri Hakiim)

CICENDO, AYOBANDUNG.COM -- Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung Gin Gin Ginanjar membenarkan adanya penemuan cacing di hati sapi yang dikurbankan.

Namun, cacing tersebut hanya berada di hati saja, dagingnya tetap dalam keadaan sehat. "Biasanya kasus terdapat cacing seperti ini ada di hati saja," ujarnya, di Dispangtan, Jumat (31/7/2020).

"Yang kena itu sebanyak 4 sapi, sekitar 6 kilogram hati sapi ada cacingnya, tapi dagingnya sehat. Kemudian, hati tersebut langsung dibuang oleh petugas," tuturnya.

Rumah Potong Hewan (RPH) Ciroyom menyembelih 170 hewan kurban. Hewan yang masuk RPH akan di periksa terlebih dahulu kesehatannya.

"Satu hari sebelumnya harus dikandangkan. Kemudian, dari sisi fisik hewan harus dipersiapkan," tuturnya.

Sebelumnya, Wali Kota Bandung Oded M Danial mangatakan, adanya cacing di hati hewan kurban sapi yang diproses Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung, Jumat (31/7/2020).

Namun, kata dia, untuk mencegah terjadinya penyakit, hati yang terdapat cacing tersebut langsung dibuang oleh petugas dan tidak disebarkan kepada masyarakat.

"Diketahuinya pada saat petugas melakukan pemeriksaan terhadap kualitas daging hewan kurban, kemudian hati tersebut langsung dibuang," katanya.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers