web analytics
  

5 Langkah untuk Atasi Hilang Nafsu Makan Karena Stres

Jumat, 31 Juli 2020 08:44 WIB Rizma Riyandi
Gaya Hidup - Sehat, 5 Langkah untuk Atasi Hilang Nafsu Makan Karena Stres, tidur,Tidur Nyenyak,sulit tidur,Kesehatan,hidup sehat

Stres bisa berpengaruh kepada nafsu dan kebiasaan makan, salah satunya seseorang bisa kehilangan nafsu makan sampai berhari-hari. Jika kamu salah satu orang yang sulit makan ketika stres, kamu bisa ikuti 5 langkah berikut untuk mengatasinya. (Unsplash.com/Nik Shuliahin)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kamu mungkin salah satu orang yang merasa tertekan atau stres selama wabah Covid-19 saat ini. Banyak orang sedang dalam keadaan lockdown atau karantina sekarang dan merasa realitasnya jauh dari kehidupan sosial. Hal tersebut ternyata dapat berdampak besar pada kebiasaan dan nafsu makan.

Joi Britt, pekerja sosial klinis dan terapis di DRK Beauty Healing, mengatakan ketika mengalami stres, nafsu makan dapat terpengaruh dalam beberapa cara berbeda. Beberapa orang makan berlebihan sebagai cara untuk mengatasi perasaan cemas mereka, sementara yang lain malah tidak dapat makan selama berjam-jam atau berhari-hari.

Jika kamu termasuk orang yang sulit makan ketika stres, mulailah proses meningkatkan selera makan kamu dengan mengidentifikasi pemicu stres. Ketika kamu sudah tahu, ukurlah cara-cara yang mungkin dapat dilakukan untuk mengurangi stres, seperti meminta bantuan, dukungan, atau istirahat yang cukup.

Ahli diet kuliner dan integratif Marisa Moore, mengatakan bahwa kehilangan nafsu makan bisa menjadi respons tubuh melawan atau lari stres dan kecemasan akut.

Britt dan Moore menawarkan kiat-kiat mereka dalam mengatasi kehilangan nafsu makan di tengah tekanan stres yang luar biasa, dilansir dari Vogue.

1. Tetapkan jadwal makan

Britt mendorong pasiennya untuk membuat jadwal atau mengatur alarm sebagai pengingat makan. "Mulailah dengan makanan yang bisa kamu toleransi, dan pastikan kamu minum air secara teratur," ujarnya.

2. Terapi dukungan

Ketika kehilangan nafsu makan terus berlanjut, penting untuk mempertimbangkan dukungan dari luar. Kamu harus memeriksa diri dan memperhatikan kesehatan mental. Britt menambahkan, dengan dukungan terapis, kamu dapat mempelajari cara dan keterampilan baru yang dapat membantumu mengatasi stres dengan lebih baik untuk memastikan aktivitas makan, tidur, berfungsi dengan sebaik-baiknya.

3. Fokus pada makanan yang mudah dicerna

Dalam memilih makanan, ada baiknya untuk menemukan keseimbangan antara apa yang kamu sukai dan apa yang akan mudah dicerna tubuh kamu. Moore mengatakan, ketika kecemasan meningkat, kadang-kadang kehilangan nafsu makan disertai dengan rasa mual.

“Jika kamu menginginkan makanan yang biasanya tidak kamu makan, beri izin pada dirimu untuk menikmatinya. Mungkin itulah yang dibutuhkan tubuhmu. Terkadang makanan mengembalikan kenangan yang menyenangkan, semacam nostalgia yang membuat kita merasa sedikit lebih baik,” ujar Moore.

4. Buat suasana makan menyenangkan

Salah satu caranya, kamu bisa pertimbangkan makan sesuatu yang pernah kamu nikmati dengan orang yang kamu cintai. Ini adalah salah satu cara untuk membantu kamu mencapai perasaan positif saat tidak berselera makan.

5. Berlatih Bersyukur

Berbicara tentang pengalaman makan yang positif, Moore juga menekankan pentingnya rasa syukur dalam hidupnya, terutama selama masa-masa stres berat, karena rasa terima kasih membantu mengubah keadaan pikiran dan energi kamu ke arah yang lebih positif. "Saya menemukan bahwa itu membantu mengubah fokus saya dan meningkatkan kualitas tidur," jelas Moore.

Fariza Rizky Ananda

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers