web analytics
  

4 Perusahaan Besar Dunia Ini Terapkan WFH Panjang Akibat Covid-19

Kamis, 30 Juli 2020 10:22 WIB
Bisnis - Gadget, 4 Perusahaan Besar Dunia Ini Terapkan WFH Panjang Akibat Covid-19, perusahaan dunia,Work from Home,Pandemi Corona,COVID-19,Google,Spotify

Google, salah satu perusahaan besar dunia yang menerapkan WFH hingga 2021. (Pixabay/Simon Steinberger)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sedikitnya 4 perusahaan besar dunia memutuskan agar karyawannya bekerja di rumah atau work from home dalam waktu yang panjang akibat pandemi virus corona penyebab Covid-19.

Melansir dari Business Insider, masih banyak perusahaan besar lainnya yang menerapkan kebijakan WFH dalam waktu yang panjang. Bahkan terdapat beberapa perusahaan yang belum menentukan waktu berakhirnya masa WFH.

Berikut daftar perusahaan besar dunia yang masih menerapkan WFH.

1. Google

Perusahaan besar dunia yang satu ini memperpanjang kebijakan WFH hingga tahun depan. Para karyawannya akan mulai kembali beraktivitas di kantor mulai bulan Juli 2021 untuk seluruh karyawan.

Google menutup kantornya pada Maret 2020 semenjak Covid-19 mengenai Francisco Bay Area. Awalnya Google akan mengembalikan aktivitas perkantoran mereka mulai 6 Juli 2020. Namun akibat jumlah kasus di California melonjak keputusan tersebut dirubah menjadi bulan September.

2. Twitter

CEO Twitter Jack Dorsey pada 12 Mei 2020 mengirimkan surel kepada para pegawainya bahwa mereka akan memperpanjang masa WFH dengan waktu yang belum ditentukan setelah lockdown berakhir. Twitter belum akan membuka kantornya setidaknya hingga September 2020.

Kebijakan WFH yang dilakukan oleh Twitter sudah dimulai sejak bulan Maret 2020. Kebijakan tersebut tidak berlaku bagi beberapa pekerja maintenance server. Perusahaan ini masih meangguhkan perjalanan bisnis dan tidak akan mengadakan acara langsung selama tahun 2020

Facebook

Melansir New York Times, Facebook menyatakan pegawainya masih dapat melakukan pekerjaan dari rumah hingga waktu yang belum ditentukan. Perusahaan ini rencananya menerapkan WFH sepanjang tahun 2020. Kebijakan tersebut sudah diluncurkan sejak Mei 2020. Bagi pendiri Facebook Mark Zuckerberg, hal ini dapat menjadi sebuah tren sehingga dapat memungkinkan Facebook untuk memperluas rekrutmennya dengan pekerjaan jarak jauh.

4. Spotify

Melansir dari Variety, perusahaan yang satu ini masih menerapkan WFH setidaknya sepanjang tahun 2020. Spotify menyatakan akan terus mengikuti pedoman pemerintah lokal untuk setiap wilayah kantor perwakilannya. Dengan adanya pandemi Covid-19, Spotify telah mengurangi jumlah pegawainya hingga 30%.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers