web analytics
  

Persib Sepakati Pemotongan Gaji 50 Persen Saat Liga Bergulir

Rabu, 29 Juli 2020 21:02 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Persib Sepakati Pemotongan Gaji 50 Persen Saat Liga Bergulir, Persib Potong Gaji,Komisaris Persib Umuh Muchtar

Skuat Persib Bandung. (Istimewa)

CICENDO, AYOBANDUNG.COM -- Persib Bandung mengadakan pertemuan internal di Graha Persib, Rabu (29/7/2020) sore. Pertemuan yang dihadiri pemain, pelatih, dan manajemen skuat Maung Bandung ini membahas terkait keputusan akhir tim dalam menyikapi pemotongan gaji sebesar 50%.

Belum lama ini, PSSI mengeluarkan kebijakan melalui Surat Keputusan (SK) bernomor SKEP/53/VI/2020 tentang Kelanjutan Kompetisi Dalam Keadaan Luar Biasa Tahun 2020. Dalam surat itu, PSSI memperbolehkan klub melakukan pemotongan gaji pemain dan jajaran pelatih sebesar 50% dari nilai kontrak awal.

Penerapan gaji 50% itu akan berlaku satu bulan jelang kompetisi musim ini bergulir. Nilai ini pun akan terus bertahan hingga berakhirnya kompetisi Liga 1 2020. Sedangkan untuk saat ini, pemain dan pelatih masih menerima gaji sebesar 25% sesuai dengan kebijakan status kahar kompetisi dari federasi.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar memastikan terkait permasalahan pemotongan gaji di tim Persib sudah terselesaikan. Menurut Umuh, pemain dan pelatih sepakat hanya menerima gaji sebesar 50% saat kompetisi musim ini kembali bergulir di tengah pandemi.

"Ya jadi semua pemain sudah ikuti aturan, apa kayak (kebijakan pemotongan gaji) PSSI semuanya ikut. Akhirnya ikut dan tidak ada masalah dan kita juga tunggu dulu yang lain," kata Umuh di Graha Persib, Rabu (29/7/2020) sore.

Imbas detail aturan pemotongan gaji yang masih multitafsir dan membingungkan, Persib diketahui menunda latihan bersama. Awalnya, skuat Pangeran Biru mengagendakan jadwal latihan perdana kolektif pada 6 Juli. Namun lantaran belum adanya kesepakatan tentang pemotongan gaji, sesi latihan bersama ini dijadwal ulang.

Kendati begitu, Umuh menambahkan, dalam rapat yang digelar tertutup itu para pemain telah diberi pengertian tentang masalah ini. Umuh juga menyebut, para pemain siap kembali membela Persib meski harus menerima pemotongan gaji. 

"Ya nanti kan 50%. Pemain juga mengerti dan mengikuti juga dan aturan PSSI diikuti semua, dengan kebijakan dan doa semua akhirnya selesai," kata Umuh.

Meski begitu, dalam pertemuan tersebut dua pemain asing Persib, Wander Luiz dan Geoffrey Castillion belum ikut bergabung. Keduanya diketahui masih berada di negaranya masing-masing. Namun, Umuh memastikan, keduanya akan segera kembali ke Indonesia untuk membahas pemotongan gaji dan kembali bergabung bersama tim.

"Kalau asing belum tahu yang dua lagi. Kita nunggu lah. Tapi tidak ada masalah pemain, sudah siap bermain, sudah siap bertandung, siap bertempur," ujarnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers