web analytics
  

Pemkab Bandung Akan Bagikan Keresek Ramah Lingkungan untuk Daging Kurban

Rabu, 29 Juli 2020 15:06 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Pemkab Bandung Akan Bagikan Keresek Ramah Lingkungan untuk Daging Kurban, Bupati Bandung Dadang M. Naser,Pemkab Bandung,Keresek Ramah Lingkungan,Daging Kurban

Bupati Bandung Dadang M Naser (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kabupaten Bandung akan membagikan ratusan ribu plastik organik untuk membungkus daging kurban.

Bupati Bandung Dadang M Naser mengatakan, plastik yang akan dibagikan tersebut berbahan baku dari tapioka, sehingga akan terurai secara organik. Berbeda dari plastik biasa, plastik organik hanya butuh waktu 2 tahun untuk proses penguraian.

"Setelah terurai akan jadi mikro organik, bukan mikroplastik seperti kantong keresek biasa," tutur Dadang di Soreang, Rabu (29/7/2020).

Karena terbuat dari bahan organik, keresek ini tidak akan berbahaya bagi manusia maupun lingkungan.

Kantong keresek organik tersebut akan dibagikan ke seluruh kecamatan dan desa. Masing-masing kecamatan akan mendapat jatah 1.500 kantong keresek, sementara desa dan kelurahan akan mendapat masing-masing 1.000 buah kantong keresek.

"Kami menyiapkan sekitar 426.000 kantong keresek organik ini. Masyarakat atau DKM bisa meminta juga ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan," katanya.

Penggunaan kantong keresek organik dilakukan sebagai upaya pengurangan penggunaan kantong keresek plastik yang bisa merusak lingkungan karena proses penguraian ratusan tahun.

"Kami imbau agar DKM menggunakan bahan organik untuk mengemas daging kurban," tuturnya.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers