web analytics
  

5 Makanan Ini Bisa Bantu Berantas Peradangan

Rabu, 29 Juli 2020 12:54 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, 5 Makanan Ini Bisa Bantu Berantas Peradangan, Peradangan,pir,Bayam,Teh Hitam

Peradangan bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan baik. Kamu bisa memulai mengobati radang dengan mengonsumsi 5 bahan makanan antiinflamasi ini yang mudah ditemui dan sangat terjangkau. (Pixabay.com/FotoshopTofs)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Peradangan atau inflammatory adalah respons tubuh untuk melawan penyakit. Namun, ketika tidak ditangani dengan baik, peradangan bisa menjadi kronis dan menyebabkan sejumlah besar masalah kesehatan, dari penyakit autoimun hingga kanker.

Makanan tinggi gula dan lemak jenuh dianggap berkontribusi terhadap peradangan, itulah sebabnya beberapa orang yang memiliki kondisi peradangan dan gangguan autoimun mencoba diet rendah gula. Melansir dari Time, kamu bisa mencoba 5 bahan makanan ini yang berkhasiat sebagai anti-inflamasi,

Paprika

Paprika, terutama yang berwarna merah cerah, mengandung antioksidan tinggi dan rendah pati. Mirip dengan paprika pedas, paprika manis juga mengandung senyawa kimia capsaicin, yang dikenal membantu mengurangi peradangan dan bahkan rasa sakit.

Kamu bisa mengonsumsi paprika dengan cara dipotong dan sajikan dengan hummus (pasta kental atau olesan asal Timur Tengah yang dibuat dari kacang tanah, biji wijen, minyak zaitun, lemon, dan bawang putih) atau tambahkan sedikit cuka anggur merah, garam, dan merica.

Buah pir

Jika kamu khawatir tentang peradangan, terutama kamu juga menderita radang sendi atau diabetes, makan makanan berserat tinggi seperti pir adalah cara alami untuk melawan masalah tersebut. Makanan kaya serat berkontribusi pada microbiome yang sehat dan meningkatkan rasa kenyang, dapat membantu menurunkan berat badan pula.

Iris buah pir dan tambahkan ke salad dengan kenari dan keju lunak, kamu bisa mengikuti cara tersebut untuk menikmati pir dengan rasa yang lezat.

Ikan makarel

Lemak tinggi dalam makarel membantu melawan penyakit yang ditandai dengan peradangan tinggi, seperti penyakit jantung dan Alzheimer. Makarel juga merupakan sumber vitamin B12 dan D. Vitamin D yang sulit ditemukan secara alami dalam makanan ini penting untuk menjaga tulang agar tetap kuat dan fungsi sistem kekebalan tubuh, serta membantu tubuh menyerap kalsium.

Ikan ini adalah makanan pokok di kawasan Mediterania. Biasanya mereka mengonsumsi ini dengan memanggang fillet ikan dengan bumbu herbal, minyak zaitun, dan lemon.

Bayam

Bayam adalah sumber vitamin E yang baik, yang dapat membantu melindungi tubuh dari molekul penyebab peradangan yang disebut sitokin. Warna gelap membuat bayam terlihat memiliki padat nutrisi, sama seperti sayuran berdaun hijau lainnya.

Selain digunakan sebagai campuran sop sayur, jika kamu bosan bisa mencoba salad bayam dengan campuran makanan tinggi lemak lain seperti alpukat untuk memanfaatkan sepenuhnya nutrisi dari sayuran.

Teh hitam

Kamu pasti tidak asing dengan teh hijau dan segudang manfaatnya, tetapi teh hitam (yang berasal dari tanaman yang sama) juga memiliki banyak manfaat. Minum teh hitam dapat membantu menjaga arteri tetap terbuka, dan mengandung antioksidan yang diketahui melindungi sel dari kerusakan. Suatu studi menunjukkan teh hitam bisa mengurangi risiko kanker ovarium yang jauh lebih rendah.

Teh hitam akan sangat terasa enak jika dicampurkan dengan sedikit susu dan madu, atau kamu juga dapat menambahkan jus lemon dan delima untuk menjadikannya minuman yang menyegarkan. (Fariza Rizky Ananda)

 

Sumber: Time
Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers