web analytics
  

Bawaslu Cium Ada Joki Coklit Daftar Pemilih

Selasa, 28 Juli 2020 20:30 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Bawaslu Cium Ada Joki Coklit Daftar Pemilih, Bawaslu Kabupaten Bandung,Pencocokan dan Penelitian (Coklit)

Pencocokan dan penelitian (Coklit). (KPU Kabupaten Bandung)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bandung menemukan adanya praktik joki pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar pemilih dalam Pilkada Kabupaten Bandung.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Kabupaten Bandung, Hedi Ardia, mengatakan meskipun Bawaslu tidak diberikan akses dokumen AKWK (daftar pemilih hasil konsolidasi DP4 dan DPT Pemilu terakhir), pihaknya masih mendapatkan sejumlah temuan di lapangan.

"Memang ini menjadi tantangan bagi Bawaslu saat ini kami untuk pertama kalinya tidak diberikan akses AKWK. Nanti, setelah tahapan coklit ini selesai, kami akan sampaikan ke publik apa hasil pengawasan kami," tutur Hedi, Selasa (28/7/2020).

Hanya untuk sementara waktu ini, yang bisa disampaikan publik diantaranya adalah masih adanya praktik penjokian terhadap coklit.

Artinya, mereka yang melakukan coklit bukan petugas PPDP yang sesuai dengan SK, tapi orang lain. Sehingga dimungkinkan, validitas data hasil pencoklitannya dimungkinkan kurang maksimal.

"Sejauh ini kami menemukan kasus joki coklit ini terjadi di empat kecamatan. Oleh petugas kami yang ada di kecamatan sudah dilakukan tindakan sebagai mana mestinya penanganan pelanggaran administratif," tutupnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers